Survei Media Group News: Mayoritas Publik Setuju UU Ciptaker Genjot Investasi

    Fachri Audhia Hafiez - 18 Januari 2021 12:45 WIB
    Survei Media Group News: Mayoritas Publik Setuju UU Ciptaker Genjot Investasi
    Ilustrasi/Medcom.id
    Jakarta: Survei Media Group News (MGN) mencatat sebagian masyarakat sepakat kehadiran Undang-Undang (UU) Cipta Kerja (Ciptaker) memberi harapan baru pada perekonomian. Beleid itu juga diyakini menggenjot investasi dalam negeri.

    "Sebanyak 50,6 persen yakin menggenjot perekonomian, sedangan responden menjawab tidak yakin 48,6 persen, serta 0,8 persen tidak menjawab," jelas Head of NRC Media Group News Ade Alawi dalam keterangan tertulis, Senin, 18 Januari 2021.

    Kehadiran Undang-Undang Ciptaker yang merupakan produk omnibus law juga disambut baik responden jajak pendapat itu. Khususnya, dalam penyediaan lapangan pekerjaan.

    Sejumlah 56,4 persen responden yakin akan memperoleh pekerjaan dari UU tersebut. Sebaliknya, yang menjawab tidak yakin 43,2 persen, dan 0,4 persen responden tidak menjawab. 

    Di sisi lain, beber Ade, UU Ciptaker belum sepenuhnya dianggap mampu mendatangkan investor ke Tanah Air. Pemerintah direkomendasikan memperhatikan hal sensitif dari implementasi beleid itu.

    "Pada poin menghadirkan investor setelah UU Ciptaker diberlakukan, pemerintah perlu bersikap hati-hati pada hal-hal dampak negatif, seperti potensi kerusakan lingkungan ataupun pada stigmatisasi tentang kedaulatan NKRI," tutur Ade.

    Baca: Jokowi: Peraturan Turunan UU Cipta Kerja Segera Terbit

    Jajak pendapat mengambil sampel 500 responden yang tersebar di 34 provinsi. Jajak pendapat menggunakan metode telepoling.
     
    Responden pernah diwawancarai dengan metode tatap muka pada survei tentang tema lain. Responden cukup kooperatif saat diwawancarai melalui telepon. 
     
    Wawancara responden dilaksanakan pada tanggal 14-22 Desember 2020. Margin of error survei ini sekitar 5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
     
    Jajak pendapat telepoling digelar sehubungan dengan pelaksanaan Media Group News (MGN) Summit Indonesia 2021: Solusi Maju Bersama. Acara ini akan dilaksanakan pada 27-28 Januari 2021. 
     
    MGN Summit merupakan sebuah hybrid event. Acara ini menggabungkan konsep off air dan online yang terbagi ke dalam beberapa sesi. Dalam setiap sesinya, hadir beberapa pembicara dari perwakilan pemerintah, pengusaha, akademisi, dan para ahli. 
     
    Salah satu elemen penting dari MGN Summit ini adalah paparan hasil survei dari NRC Media Group News. Survei dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Tanah Air. Survei akan menjadi pemantik dalam pembahasan di MGN Summit.

    (OJE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id