Survei: Elektabilitas Ganjar Lebih Tinggi dari Kepala Daerah Lain

    Medcom - 13 Maret 2020 19:11 WIB
    Survei: Elektabilitas Ganjar Lebih Tinggi dari Kepala Daerah Lain
    CEO Cyrus Network Eko Dafid Afianto. MI/Adam Dwi
    Jakarta: Lembaga survei Cyrus Network merilis hasil jajak pendapat terkait simulasi bursa calon presiden 2024. Hasilnya, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lebih tinggi dari kepala daerah lainnya.

    "Dalam simulasi tujuh nama, Ganjar mendapatkan kenaikan elektabilitas sangat signifikan, dari 8,7% menjadi 13,2%. Sehingga menempatkan Ganjar Pranowo sedikit lebih unggul dibandingkan (Gubernur DKI Jakarta) Anies Baswedan," kata CEO Cyrus Network Eko Dafid Afianto saat menyampaikan hasil survei di Hotel Morrissey, Jakarta, Jumat, 13 Maret 2020.

    Eko menjelaskan elektabilitas Anies menurun tajam dibandingkan kondisi pada Juli 2019. Dalam surveinya, elektabilitas Anies melorot dari 19% menjadi 13%.

    "Beberapa persoalan penting di DKI Jakarta, seperti kontroversi beberapa item dalam penyusunan APBD dan banjir di awal tahun sepertinya menjadi faktor penyebabnya. Sebab persoalan-persoalan di DKI juga menjadi perhatian masyarakat Indonesia secara keseluruhan," kata Eko.

    Baca: Elektabilitas Anies Baswedan Melorot Akibat Banjir Jakarta

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur Khofifiah Indar Parawansa menguntit di bawah Ganjar dan Anies. Elektabilitas Ridwal Kamil masih bertahan di angka 8,2% dan Khofifah 5,8%.

    Jajak pendapat ini dilakukan terhadap 1.230 responden di 123 kelurahan/desa di 34 provinsi pada 24-30 Januari 2020. Survei ini menguji beberapa isu paling aktual soal politik dan pemerintahan. Metodelogi yang digunakan yakni multistage random sampling dengan tingkat kepercayan sebesar 95% dan margin of error +/- 2,85%.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id