Arab Saudi Diminta Segera Putuskan Nasib Haji 2020

    Anggi Tondi Martaon - 18 Mei 2020 18:28 WIB
    Arab Saudi Diminta Segera Putuskan Nasib Haji 2020
    Ilustrasi ibadah haji atau umrah. AFP
    Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) berharap pemerintah Arab Saudi segera memberikan kepastian terkait penyelenggaraan Ibadah Haji 1441 Hijriah. Sebab, keputusan Saudi berkaitan dengan waktu persiapan penyelenggaraan rukun Islam ke-5 itu.

    “Semoga sebelum akhir Ramadan (ada keputusan),” kata juru bicara Kementerian Agama Oman Fathurahman di Jakarta, Senin, 18 Mei 2020.

    Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah telah berkoordinasi dengan Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk mengkomunikasikan kepastian penyelenggaraan Haji 2020 melalui Kedutaan Besar Arab Saudi. Kemenag juga aktif menghubungi pihak berwenang Saudi terkait kepastian penyelenggaraan ibadah haji.

    Informasi mengenai kepastian penyelenggaran ibadah haji sangat penting. Sebab, keputusan juga berkaitan dengan persiapan kebijakan dan aturan penyelenggaraan.

    Baca: 2.404 Jemaah Haji Lunasi Pembayaran Tahap 2

    Persiapan penyelenggaran ibadah Haji 1441 Hijriah yang dilakukan Kemenag tak terhenti. Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahap II masih dibuka dan akan berakhir pada 20 Mei mendatang.

    Persiapan layanan di Saudi juga sudah dilakukan Kemenag. Namun, kontrak belum diteken karena terkendala Surat Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi Nomor 410711030 tanggal 11 Rajab 1441H (6 Maret 2020). Surat itu menjelaskan penyelesaian kewajiban ditunda hingga jelasnya masalah covid-19.

    “Kemenag belum melakukan penandatanganan kontrak maupun pembayaran uang muka atas pelayanan jemaah haji di Arab Saudi,” ungkap dia.

    Oman menambahkan, Kemenag sudah menyiapkan mitigasi atas dua skenario  enyelenggaraan haji tahun ini. Yakni batal atau tetap dilaksanakan. Mitigasi tersebut juga mencakup langkah yang akan Indonesia ambil jika Saudi tidak kunjung memberi kepastian.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id