Jaringan Palapa Ring Resmi Beroperasi - Medcom

    Jaringan Palapa Ring Resmi Beroperasi

    Damar Iradat - 14 Oktober 2019 11:23 WIB
    Jaringan Palapa Ring Resmi Beroperasi
    Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri Kabinet Kerja meresmikan proyek jaringan serat optik nasional Palapa Ring di Istana Kepresidenan. Medcom.id/Damar Iradat./
    Jakarta: Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian proyek pembangunan jaringan serat optik nasional, Palapa Ring. Jokowi berharap Palapa Ring bisa menghubungkan seluruh wilayah Indonesia.

    Presiden meminta pemerintah dan masyarakat memanfaatkan Palapa Ring dengan baik. Palapa Ring diharapkan bisa membuat birokrasi lebih efisien.

    "Gunakan untuk kebaikan kita bersama, kerukunan dan sebagai bangsa untuk kemajuan Indonesia," kata Jokowi saat Peresmian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2019.

    Palapa Ring diharapkan bisa mengikis kesenjangan layanan telekomunikasi antara Pulau Jawa dan daerah pelosok Indonesia. Proyek jaringan kabel optik nasional ini dibangun sejak 2015.

    Palapa Ring memiliki tiga paket, Palapa Ring Barat rampung pada 2018, Palapa Ring Tengah rampung pada awal 2019, dan Palapa Ring Timur yang rampung pada Agustus 2019. Jokowi mengaku pembangunan Palapa Ring Timur terlambat selesai karena medan yang berat.

    "Tidak semuanya pakai fiber optik, baik di laut dan di darat banyak menggunakan antena besar dan membawa ke tempat yang ingin didirikan menaranya juga tidak mudah," ungkapnya. 

    Dalam peresmian itu, Jokowi melakukan panggilan video dengan beberapa kepala daerah seperti, Gubernur Papua Barat, Bupati Rote Ndao, dan Bupati Penajam Paser Utara. Jokowi didampingi Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

    Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyalla Matalitti, Kepala BIN Budi Gunawan, dan beberapa bekas anggota Komisi I DPR.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id