Ombudsman Desak Kemendagri Perkuatan Pembinaan Daerah

    Zakaria Habib - 29 Januari 2020 07:42 WIB
    Ombudsman Desak Kemendagri Perkuatan Pembinaan Daerah
    Anggota Ombudsman Ninik Rahayu. Foto: Medcom.id/Zakaria Habib
    Jakarta: Ombudsman mendesak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memperkuat pembinaan terhadap pemerintah daerah (pemda). Hal ini mengingat pemda kerap abai terhadap rekomendasi yang diberikan Ombudsman.

    "Rekomendasi  ini dikeluarkan sejak 2009 sampai dengan 2019. Ada sejumlah rekomendasi yang seharusnya segera dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota dan provinsi," kata anggota Ombudsman Ninik Rahayu usai pertemuan di Kemendagri, Selasa, 28 Januari 2020.

    Menurut dia, berdasarkan Pasal 351 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemda, Kemendagri menjadi lembaga di tingkat pusat yang berwenang membina dan mengawasi pelaksanaan rekomendasi Ombudsman terhadap pemda. Masalah ini pun harus diperhatikan Kemendagri. 

    "Ini yang perlu segera ditindaklanjuti," jelas dia.

    Sementara itu, Ombudsman sempat melaporkan kepada Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD tentang sejumlah kementerian/lembaga dengan tingkat kepatuhan rendah. Salah satunya Kemendagri.

    Ombudsman kemudian bertemu dengan Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo untuk membahas masalah ini. Kemendagri lalu dijelaskan masalah ketidakpatuhan ini berpangkal dari pengawasan terhadap pemda dalam menjalankan rekomendasi Ombudman yang dinilai masih lemah.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id