Menteri Asal NasDem Diminta Kerja Maksimal

    Damar Iradat - 23 Oktober 2019 14:00 WIB
    Menteri Asal NasDem Diminta Kerja Maksimal
    Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin berfoto dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Antara/Puspa Perwitasari
    Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menaruh harapan besar kepada tiga kadernya yang masuk ke dalam menteri Kabinet Indonesia Maju. Ia meminta mereka bekerja maksimal membantu Presiden Joko Widodo. 

    "Mereka belajar dengan kekurangan-kekurangan dari pendahulunya dan seniornya dari posisi apa yang mereka tempatkan sekarang," kata Surya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019. 

    Tiga kader NasDem di kabinet, yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Komunikasi dan Infomratika Johnny G Plate. Siti menjadi menteri yang dipertahankan Jokowi, sedangkan Syahrul dan Johnny baru menjadi menteri.

    Di sisi lain, Surya mengatakan pemikiran kritis tetap diperlukan semua pihak, bukan hanya NasDem. Pemikiran kritis itu, kata dia, bukan hanya mencari kesalahan maupun kekurangan.

    Pernyataan ini dilontarkan terkait ucapan Surya sebelumnya yang menyebut NasDem siap menjadi oposisi bila semua partai menyeberang ke pemerintah. Namun begitu, dia menekankan semangat kritis itu harus berfikir konstruktif.  

    "Bagaimana kelemahan kita kembalikan jadi kekuatan kita bersama. Di sinilah kenampuan tetap berpijak pada objektifitas yang ada. Dengan kondisi itu kita tidak malu hati untuk mengakui kekurangan, kesalahan kita, kemudian memperbaikinya," papar dia.

    Surya turut mengomentari soal ditunjuknya ST Burhanudin sebagai jaksa agung. Posisi tersebut sebelumnya diemban kepada HM Prasetyo yang merupakan salah satu politikus Partai NasDem.

    "Saya ucapkan selamat bekerja kepada Jaksa Agung yang baru. Kalau ada kekurangan, kesalahan barangkali dari Jaksa Agung pendahulunya dan teruskan juga pemikiran-pemikiran yang baik," jelas Surya.

    Dia menerima segala keputusan Jokowi soal susunan kabinet. "Untuk apa membawa tema gerakan perubahan restorasi bangsa ini kalau kita tidak mampu konsisten," jelas Surya.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id