Erick Thohir Disarankan Isi Pos Menteri Olahraga - Medcom

    Erick Thohir Disarankan Isi Pos Menteri Olahraga

    Medcom - 22 Oktober 2019 21:51 WIB
    Erick Thohir Disarankan Isi Pos Menteri Olahraga
    Mantan Ketua TKN Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla
    Jakarta: Pengusaha sekaligus eks Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin, Erick Thohir, disarankan mengisi pos Menteri Olahraga. Pos itu dinilai cocok mengingat pengalamannya menyukseskan Asian Games.

    "Lebih pas sebagai Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga) karena punya pengalaman dalam menyelenggarakan Asian Games 2018 dan beberapa jabatan di bidang keolahragaan," kata Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamet Setiawan, melalui keterangan tertulis, Selasa, 22 Oktober 2019.

    Mamet tak menyarankan pendiri Mahaka Group ini mengisi posisi menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti yang gencar diisukan beberapa hari ini. Alasannya, Mamet khawatir terjadi konflik kepentingan mengingat jaringan bisnis Erick yang cukup besar.

    "Sangat rentan karena memiliki banyak perusahaan, khawatir conflict of interest," kata dia.

    Direktur Eksekutif Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi juga tak menyarankan Jokowi menempatkan Erick sebagai Menteri BUMN. Uchok khawatir jejaring bisnis Erick menghambat kinerjanya. "Khawatir intervensinya terlalu tinggi," tutur dia.

    Sementara itu, Erick menyatakan akan melepas sejumlah jabatan strategis apabila nantinya diamanahkan menjadi menteri. "Sudah pasti dengan jabatan ini maka tidak ada conflict of interest. Saya akan melepas semua jabatan," kata Erick usai bertemu Jokowi, Senin, 21 Oktober 2019.
     
    Ia mencontohkan ketika dirinya ditunjuk menjabat sebagai Ketua Panitia Asian Games 2018. Saat itu ia meninggalkan pekerjaan yang lain agar lebih fokus pada tugas yang sedang diembannya untuk negara. "Ketika Asean Games, saya juga berhenti total," ucapnya.

    Saat ini Erick memegang jabatan di beberapa perusahaan swasta di antaranya sebagai Direktur Utama di PT Intermedia Capital Tbk. (MDIA), induk dari PT Cakrawala Andalas Televisi (ANTV). Selain itu, Erick juga menjabat sebagai Presiden Direktur Cakrawala Andalas Televisi dan Komisaris PT Asia Global Media, Komisaris Utama PT Redal Semesta, Komisaris PT Beyond Media, Komisaris Utama PT Mahaka Media Tbk (ABBA), Komisaris Utama PT Entertainment Live, Direktur PT Trinugraha Thohir Media Partners, dan Presiden komisaris di PT Mahaka Radio Integra Tbk. (MARI).

     



    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id