Jokowi Perlu Tinggalkan Warisan Fundamental

    Fachri Audhia Hafiez - 26 Juli 2019 06:35 WIB
    Jokowi Perlu Tinggalkan Warisan Fundamental
    Presiden Jokowi. MI/Ramdani.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo dinilai perlu melibatkan masyarakat dalam setiap keputusan politik. Hal ini berguna bagi Jokowi dalam mewujudkan sebuah warisan kepemimpinan yang berpengaruh di masyarakat.

    "Jokowi harus meninggalkan warisan yang jauh lebih fundamental di samping hal-hal yang bersifat material. Misalnya pembangunan infrastruktur pertumbuhan ekonomi dan segala macam yang ada, jauh lebih penting sebenarnya adalah meletakkan landasan bahwa rakyat itu punya kata, punya pengaruh di dalam politik gitu," ujar Pengamat Ekonomi Politik Fachry Ali dalam diskusi di Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis, 25 Juli 2019.

    Fachry menilai menarik jika Jokowi memberi kesempatan kepada rakyat untuk berbicara lebih banyak, ketimbang ditentukan oleh para elit politik. Menurutnya, saat ini Jokowi masih banyak mengedepankan pertemuan sejumlah tokoh nasional untuk meredam kondisi politik.

    Dia menyinggung pertemuan Jokowi dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di MRT. Dilanjutkan dengan pertemuan Prabowo dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Termasuk pertemuan Ketua Umum NasDem Surya Paloh dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

    (Baca: Jokowi Diyakini Telah Mengakhiri Polarisasi Politik)

    "Ini masih berputar-putar di kalangan elit. Presiden Jokowi tahun 2014 kita tunggu legacy beliau dimana rakyat itu lebih berbicara di dalam konteks politik," kata dia.

    Pada level nasional, kata Fachri, memberikan kesempatan kepada rakyat untuk terlibat langsung dalam dunia politik merupakan hal yang baik. Jokowi harus memperlihatkan kepada rakyat pemerintahannya tidak tergantung pada elit.

    "Jokowi tahun 2024 Jokowi harus meninggalkan legacy. Di mana struktur kontestasi politik harus bersifat horizontal, bukan vertikal seperti saat ini," pungkasnya.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id