TKN Proaktif Mendorong Pertemuan Jokowi-Prabowo

    Arga sumantri - 26 Mei 2019 09:43 WIB
    TKN Proaktif Mendorong Pertemuan Jokowi-Prabowo
    Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding - MI/M Irfan.
    Jakarta: Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin memastikan terus berupaya membangun komunikasi guna rekonsiliasi. Terutama, dengan pihak-pihak yang berbeda pandangan politik di Pilpres 2019.

    "Sejak awal kita proaktif berusaha semaksimal mungkin bagaimana komunikasi antar elite ini terjadi terutama yang berbeda selama Pilpres," kata Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding, kepada Medcom.id, Minggu, 26 Mei 2019.
    Karding mengatakan, upaya proaktif itu bisa dibaca dari sikap Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan komunikasi dengan semua tokoh. Hal ini dilakukan semata agar proses rekonsiliasi bisa segera tercapai. 

    "Termasuk ke Pak Prabowo (Capres Prabowo Subianto) terus kita upayakan bangun (komunikasi)," ucap politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu. 

    Sejumlah tokoh TKN Jokowi-Ma'ruf, kata dia, juga terus melakukan komunikasi secara pribadi untuk mendorong elite yang berseberangan agar segera berkomunikasi dan silaturahmi. Syukur-syukur, kata dia, pada waktunya nanti terbangun kesepahaman prinsip untuk menjaga persatuan.

    (Baca juaga: Alasan Jokowi Ingin Bertemu Prabowo)

    Pertemuan Jokowi dan Prabowo sebagai kontestan Pilpres 2019 amat ditunggu publik. Pertemuan kedua kandidat itu diyakini bisa mendinginkan suhu politik yang masih memanas usai Pilpres. 

    Jokowi mengaku sudah lama ingin bertemu dengan pesaingnya dalam Pemilu 2019, Prabowo Subianto. Jokowi menilai pertemuan dengan Prabowo akan mendinginkan tensi politik pascapemilu.
     
    Pertemuan itu dinilai memberi dampak positif kepada masyarakat. Jokowi menyebut para elite politik seharusnya menunjukkan kerukunan agar ditiru akar rumput.

    "Pertemuan dengan Prabowo akan dilihat baik oleh rakyat. Mendinginkan suasana, bahwa elite-elite politik rukun-rukun saja. Enggak ada masalah. Saya kira paling penting itu. Kalau elitenya rukun baik-baik saja, di bawah akan dingin, akan sejuk," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 24 Mei 2019. 

    Sementara, calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyebut Prabowo sudah bersedia bertemu dengan Jokowi. Sandi menilai pertemuan Jokowi-Prabowo tinggal menunggu waktu yang pas.  

    "Pak Prabowo selalu buka pintu dan menunggu waktunya, (tinggal) menunggu waktu saja," kata Sandi, di Jakarta, Sabtu, 25 Mei 2019.

    (Baca juga: Presiden Jokowi Bertemu Habibie)





    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id