Perlu Komitmen Kuat Wujudkan Demokrasi Pancasila yang Subtantif

    Arga sumantri - 11 April 2021 02:10 WIB
    Perlu Komitmen Kuat Wujudkan Demokrasi Pancasila yang Subtantif
    Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini



    Jakarta: Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini menyatakan pentingnya mewujudkan demokrasi Pancasila yang subtantif. Ini dapat diwujudkan dengan komitmen kuat dari seluruh elemen bangsa.

    "Perlu komitmen kuat seluruh elemen bangsa untuk mewujudkan demokrasi Pancasila yang subtantif, yaitu demokrasi yang menghasilkan kesejahteraan rakyat berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945," kata Jazuli dalam keterangan tertulis, Sabtu, 10 April 2021.






    Anggota Komisi I DPR Dapil Banten ini menegaskan demokrasi Indonesia berbeda dengan negara-negara lain. Indonesia memiliki Pancasila sebagai dasar negara sekaligus identitas dan karakter bangsa.

    Jazuli menambahkan demokrasi akan berjalan dengan baik apabila prosesnya berjalan dengan jujur dan adil. Demokrasi yang baik tak boleh ada tekanan dan paksaan, atau hal-hal lain yang menghambat.

    "Demokrasi Indonesia berjalan dengan baik ketika awal reformasi namun saat ini demokrasi kembali tertatih-tatih akibat oligarki kekuasaan dan kapital," ungkapnya.

    Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Syuro' PKS Sohibul Iman mengatakan masyarakat rindu demokrasi yang substantif. Dewasa ini, menurut dia, demokrasi di Indonesia masih jauh dari harapan. 

    "Karena kita masih melihat adanya money politics yang nyata dan membuat demokrasi kita tidak lebih baik dan adanya kekuatan besar yang disebut oligarki," ucap Sohibul.

    Kemunduran demokrasi, kata dia, ditandai semakin menyempitnya ruang partisipasi publik. Kondisi ini disebut lantaran pintu masuk ke ranah politik yang sulit akibat biaya yang mahal. 

    "Akibatnya, sirkulasi elit hanya dikuasai oleh orang-orang atau kelompok yang memiliki modal kapital," ungkap Sohibul.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id