Survei: 65,4% Publik Puas dengan Kinerja Jokowi

    Fachri Audhia Hafiez - 21 Februari 2021 22:53 WIB
    Survei: 65,4% Publik Puas dengan Kinerja Jokowi
    Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.



    Jakarta: Survei Parameter Politik Indonesia mencatat mayoritas responden puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sudah berjalan hampir 1,5 tahun di periode kedua. Tingkat kepuasan terhadap kinerja Kepala Negara mencapai 65,4 persen

    "Sementara yang tidak puas mencapai 29,1 persen. Sisanya tak menjawab," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno dalam keterangan tertulis kepada Medcom.id, Minggu, 21 Februari 2021.




    Berdasarkan teritorial, responden di Pulau Jawa menyatakan kepuasan tertinggi sebesar 65,5 persen. Masyarakat yang tak puas tercatat 28,5 persen dan tidak menjawab 5 persen.

    Sementara itu, di luar Jawa sebanyak 64 persen yang menyatakan puas. Sisanya, 29,9 persen tak puas dan tidak menjawab 6 persen.

    Kinerja Kepala Negara paling banyak disukai perempuan berdasarkan segmen demografi dengan persentase 68,8 persen, sisanya tidak puas dan tak menjawab. Kemudian, ada 62,1 responden laki-laki yang menyatakan puas.

    Selain itu, ada 76,9 persen masyarakat tidak tamat SD atau tidak sekolah yang puas dengan kinerja Jokowi. Dari unsur umat beragama, Konghucu tertinggi dengan persentase survei 96,9.

    Baca: Survei: Ekonomi Masyarakat Turun Selama Pandemi

    "Disusul umat Hindu yang puas 91,3 persen; Protestan 81,8 persen; Katolik 79,9 persen; Buddha 77,4 persen, dan Islam 63,8 persen," ujar Adi.

    Kemudian dari segmen politik, PDIP paling puas dengan kinerja Jokowi dengan angka 88,2 persen. Dari 12 partai yang disurvei, hanya Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang tidak puas dengan kinerja Jokowi, dengan perolehan persentase tertinggi 46,1 persen dan 64,1 persen.

    Survei menggunakan asumsi metode simple random sampling dengan toleransi kesalahan atau margin of error 2,9 persen. Kemudian, tingkat kepercayaan 95 persen.

    Survei dilaksanakan pada 3-8 Februari 2021. Sampel survei menyasar kepada 1.200 responden dengan metode telepolling menggunakan kuesioner.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id