Baleg Mulai Membahas 6 RUU

    Anggi Tondi Martaon - 30 Maret 2021 19:15 WIB
    Baleg Mulai Membahas 6 RUU
    Wakil Ketua Baleg (Baleg) DPR Achmad Baidowi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 30 Maret 2021. Foto: Medcom.id/Anggi Tondi Martaon



    Jakarta: Badan Legislasi (Baleg) DPR sudah mulai menyusun rancangan undang-undang (RUU). Ada enam beleid yang tengah dikerjakan.

    "Kemungkinan kita segera melakukan penyusunan. Bahkan sudah mulai menyiapkan penyusunan," kata Wakil Ketua Baleg (Baleg) DPR Achmad Baidowi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 30 Maret 2021.






    RUU yang sudah mulai tahap penyusunan, yaitu RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS), RUU tentang Keolahragaan Nasional, RUU tentang Pendidikan Kedokteran, RUU Pembentukan Pengadilan Tinggi TUN, RUU Pembentukan Pengadilan Tinggi Keagamaan, serta RUU Kejaksaan.

    Baca: RUU Kejaksaan Lolos Tahap Harmonisasi

    "Sedangkan RUU lainnya kebanyakan di komisi-komisi," ungkap dia.

    Sementara itu, beleid yang menjadi inisiatif pemerintah menjadi tanggung jawab eksekutif. DPR hanya menunggu pembahasan dari pemerintah.

    "Misal pemerintah sudah ajukan RUU tentang BPIP, ya BPIP yang prioritas akan dibahas karena surpres (surat presiden) dan RUU-nya (draf) sudah disampaikan ke DPR," ujar dia

    DPR telah mengesahkan daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2021 pada 23 Maret 2021. Jumlah beleid yang dibahas tahun ini mencapai 33 RUU.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id