comscore

Vaksinasi Covid-19 Diyakini Mendorong Kebangkitan UMKM

Juven Martua Sitompul - 23 Desember 2021 16:40 WIB
Vaksinasi Covid-19 Diyakini Mendorong Kebangkitan UMKM
Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun. Istimewa.
Jakarta: Masyarakat diharapkan menyukseskan program vaksinasi covid-19. Sebab, keberhasilan vaksinasi akan berdampak besar pada upaya pemulihan ekonomi.

Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun menyampaikan hal tersebut saat menghadiri pertemuan Serap Aspirasi dalam rangka kegiatan reses Masa Sidang II Tahun Sidang 2021-2022 DPR RI. Pada pertemuan dengan ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kabupaten Pasuruan itu, dia menyatakan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang menggalakkan program vaksinasi covid-19.

 



"Pandemi covid-19 yang berjalan hampir dua tahun telah mengganggu berbagai kegiatan ekonomi. Vaksinasi akan mendorong kebangkitan UMKM di masa pandemi saat ini," ujar Misbakhun dalam keterangan pers yang diterima, Kamis, 23 Desember 2021.

Program vaksinasi covid-19 dinilai sudah berjalan baik. Indonesia pun masuk jajaran lima besar negara dengan jumlah penerima vaksinasi covid-19 terbesar di dunia.

"Keberhasilan vaksinasi merupakan salah satu cara mengalahkan pandemi," katanya.

Politikus asal Kota Pasuruan itu juga menyatakan akan membantu pelaku UMKM dan kelompok tani mengakses bantuan dari pemerintah. Bank Indonesia (BI) sebagai mitra kerjanya di Komisi XI DPR juga memiliki program bagi pelaku UMKM.

"Saya minta persyaratan (permohonan bantuan modal) harus dipenuhi, lembaganya jelas. Nanti akan ada tim survei, sehingga dipastikan bantuan tidak akan salah sasaran. Bantuan Bank Indonesia tidak ada potongan apa pun," ujar dia.

Dia mengatakan Presiden Jokowi telah membentuk Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN). Komite itu diketuai Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menurut Misbakhun, capaian vaksinasi dan pemulihan UMKM tak terlepas dari kinerja Airlangga Hartarto yang juga ketua umum Partai Golkar.

"Banyak pula kegiatan-kegiatan yang telah dirumuskan dan dikoordinasikan oleh Pak Airlangga sebagai Menko Perekonomian, seperti program vaksinasi, indeks penurunan pandemi, hingga kredit usaha rakyat," ucap dia.

Dia mengajak konstituennya dari Kecamatan Lumbang, Winongan, Kejayan, dan Gondang Wetan di Kabupaten Pasuruan mengenal lebih jauh sosok Airlangga Hartarto. Pada pertemuan Serap Aspirasi di Dapil IV Kabupaten Pasuruan, dia menyebut Airlangga merupakan calon presiden dari Partai Golkar.

Baca: Pemerintah Diminta Memprioritaskan Penggunaan Vaksin Halal

Backdrop atau layar latar pertemuan Serap Aspirasi itu juga menampilkan wajah Airlangga Hartarto. "Ini ada gambar Bapak Airlangga Hartarto. Beliau dicalonkan sebagai capres oleh Partai Golkar," katanya.

Misbakhun menyatakan Presiden Jokowi sudah tidak bisa maju lagi pada Pilpres 2024. Sebab, konstitusi membatasi masa jabatan presiden hanya dua periode.

"Nah, Partai Golkar mengusulkan Pak Airlangga Hartarto kepada rakyat Indonesia sebagai capres. Tugas saya sebagai pengurus Partai Golkar menyosialisasikan Pak Airlangga Hartarto sebagai capres," katanya.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id