comscore

Gelar Rapat Paripurna, DPR Sahkan 5 RUU dan Prolegnas Prioritas 2022

Anggi Tondi Martaon - 07 Desember 2021 11:01 WIB
Gelar Rapat Paripurna, DPR Sahkan 5 RUU dan Prolegnas Prioritas 2022
Ilustrasi: Medcom.id
Jakarta: DPR menggelar rapat paripurna pada Selasa, 7 Desember 2021. Setidaknya ada lima rancangan undang-undang (RUU) yang disahkan lembaga legislatif.

Salah satu bakal beleid yang akan disahkan, yaitu revisi Undang-Undang (UU) Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan. Pengambilan keputusan tingkat I RUU Kejaksaan dilakukan Komisi III DPR pada Senin, 6 Desember 2021.
"Pembicaraan tingkat II atau pengambilan keputusan atas revisi UU Kejaksaan," tulis keterangan acara dalam surat undangan rapat paripurna yang diterima Medcom.id, Selasa, 7 Desember 2021.

Bakal beleid lain yang disahkan, yaitu Rancangan Undang-Undang (RUU) Hubungan Keuangan antara Pusat dan Daerah. Pengambilan keputusan tingkat I RUU Hubungan Keuangan berlangsung pada Selasa, 23 November 2021.

RUU lainnya yang disahkan, yaitu soal pembentukan pengadilan tinggi (PT), pengadilan tinggi agama, dan pengadilan tinggi tata usaha negara di sejumlah provinsi. DPR juga mengesahkan rancangan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2022. Badan Legislasi (Baleg) dan pemerintah menyepakati 40 RUU dibahas pada 2022.

Baca: Baleg Tetapkan 40 RUU Prolegnas Prioritas 2022

Rapat paripurna kali ini juga akan mengambil keputusan terkait pengajuan waktu tambahan pembahasan sejumlah RUU. Bakal aturan ini meliputi RUU Landas Kontinen, RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP), RUU Hukum Acara Perdata, dan revisi UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). 

DPR turut mengukuhkan susunan anggota Panitia Khusus (Pansus) RUU Ibu Kota Negara (IKN). Surat Presiden (Supres) RUU IKN sudah diserahkan pemerintah kepada DPR pada Rabu, 29 September 2021.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id