Survei: Parpol di Parlemen Berpotensi Besar Lolos Pemilu 2024

    Anggi Tondi Martaon - 05 Juni 2021 14:36 WIB
    Survei: Parpol di Parlemen Berpotensi Besar Lolos Pemilu 2024
    Ilustrasi Kompleks Parlemen. Medcom.id/Anggi Tondi Martaon



    Jakarta: Parameter Politik Indonesia mengelar survei elektabilitas partai politik (parpol) Indonesia tiga tahun menjelang Pemilu 2024. Mayoritas parpol yang ada di parlemen berpeluang besar kembali lolos pada Pemilu 2024.

    "Kalau tidak peristiwa politik yang cukup besar, ini (parpol di parlemen) akan masuk ke Senayan dengan ketentuan ambang batas parlemen 3,5 hingga 4 persen," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno dalam konferensi pers virtual Survei Peta Politik Menuju 2024 dan Isu Politik Mutakhir, Sabtu, 5 Juni 2021.

     



    Dia menyebut elektabilitas parpol tidak berubah drastis dari sejumlah survei yang pernah dilakukan Parameter Politik Indonesia. Elektabilitas paling tinggi masih dipegang Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dengan 22,1 persen dukungan.

    Elektabilitas tertinggi kedua dipegang Partai Gerindra dengan 11,9 persen. Selanjutnya, Partai Golkar dengan 10,8 persen.

    Kemudian, Partai Demokrat dengan elektabilitas 8,4 persen, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 8,2 persen, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 7,5 persen, Partai NasDem 5,0 persen, Partai Amanat Nasional (PAN) 4,3 persen, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 3,5 persen.

    Sedangkan elektabilitas paling tinggi kelompok partai di luar parlemen dipegang Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan 1,6 persen dukungan. Disusul Perindo dengan elektabilitas 1,5 persen.

    Baca: Survei Partai Berpihak pada Islam, PDIP Terdepak

    Sementara itu, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dengan elektabilitas 0,9 persen, Partai Berkarya 0,5 persen, Partai Gelora 0,4 persen, Partai Ummat 0,3 persen, Partai Bulan Bintang (PBB) 0,1 persen, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) 0,1 persen.

    Selain itu, jumlah responden yang belum menentukan sikap (undecided) cukup besar. Mencapai 12,9 persen.

    Adapun jumlah sampel survei yang dilakukan pada 23-28 Mei 2021 itu sebanyak 1.200 responden. Pemilihan responden menggunakan metode simple random sampling.

    Selain itu, margin of error survei sekitar 2.9 persen. Sedangkan tingkat kepercayaan survei mencapai 95 persen.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id