Susunan Anggaran Pemilu 2024 Diminta Berkaca pada 2019

    Fachri Audhia Hafiez - 06 Juni 2021 17:03 WIB
    Susunan Anggaran Pemilu 2024 Diminta Berkaca pada 2019
    Ilustrasi/Medcom.id



    Jakarta: Penyelenggara pemilihan umum (pemilu) diharapkan menyusun anggaran untuk Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sesuai kebutuhan. Penyusunan bisa berkaca dari kebutuhan pada pesta demokrasi 2019.

    "Bisa dilihat dari evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2019," kata Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Khoirunnisa Agustyati, kepada Medcom.id, Minggu, 6 Juni 2021.

     



    Khoirunnisa tak memungkiri Pemilu dan Pilkada 2024 membutuhkan anggaran yang besar. Misalnya, untuk anggaran penambahan petugas yang terlibat.

    Baca: Bawaslu Godok SE Pengelolaan Barang Dugaan Pelanggaran Pemilu
     
    "Kalau melihat persentasenya, honor untuk petugas yang persentasenya cukup besar," ujar Khoirunnisa.

    Kebutuhan teknologi, kata Khoirunnisa, juga tak bisa dihindarkan pada penyelenggaraan pemilu di era modern. KPU disebut sudah merancang anggaran untuk kebutuhan tersebut.

    Menurut Khoirunnisa, dari sisi regulasi belum ada ketentuan secara eksplisit terkait penggunaan teknologi. Perludem mendorong regulasi yang jelas sebelum anggaran penggunaan teknologi disepakati.

    "Perlu dipertimbangkan kembali seberapa besar kebutuhan untuk perangkat teknologi. Jika hingga masuk tahapan, nanti masih belum ada regulasi yang mengatur hal tersebut," terang dia.

    KPU sejatinya sudah mengusulkan anggaran sebesar Rp86,2 triliun untuk pemilu legislatif dan pemilihan presiden 2024. Kemudian, Rp26,2 triliun untuk pilkada.

    Khoirunnisa mengatakan, perlu dicermati kembali mana yang menjadi prioritas dari penyelenggara dari total anggaran Rp112,4 triliun tersebut. "Oleh sebab itu sebenarnya perlu ada pemetaan dulu," ucap dia.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id