Waketum NasDem: Konvensi Capres Terlaksana Jika Koalisi Terbentuk

    Anggi Tondi Martaon - 14 Oktober 2021 13:44 WIB
    Waketum NasDem: Konvensi Capres Terlaksana Jika Koalisi Terbentuk
    Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali. DOK Istimewa



    Jakarta: Partai NasDem berencana menggelar Konvensi Capres 2024. Konvensi Capres 2024 baru dilakukan setelah mitra koalisi terbentuk.

    "Konvensi adalah ajang mencari pemimpin negeri ini, kader terbaik yang dimiliki bangsa ini. Maka prasyarat itu (koalisi) harus terpenuhi," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) NasDem Ahmad Ali melalui keterangan tertulis, Kamis, 14 Oktober 2021.

     



    Anggota Komisi III itu tak ingin konvensi hanya untuk pencitraan atau peningkatan elektabilitas saja. NasDem ingin Konvensi Capres 2024 sebagai upaya mencari calon terbaik pemimpin negeri ini.

    "Bukan lucu-lucuan atau abal-abal yang hanya sekadar menaikkan popularitas partai," kata dia.

    Ketua Fraksi NasDem itu menyampaikan ketika koalisi terbentuk maka tidak ada lagi namanya Konvensi Capres Partai NasDem. Istilahnya bakal diganti menjadi konvensi koalisi.

    Dia meyakini banyak tokoh potensial yang akan mengikuti konvensi tersebut. Sebab, pemenang konvensi memiliki jaminan mengikuti pilpres karena sudah memenuhi syarat pencapresan.

    "Banyak tokoh bangsa dan anak negeri yang punya komitmen dan integritas melihat Indonesia lebih baik ke depan, tapi kemudian terkendala karena tidak memiliki partai politik," ucap dia.

    Baca: NasDem: Surya Paloh Serius Mewujudkan Konvensi Capres 2024

    Dia menyampaikan NasDem tak muluk-muluk terkait syarat koalisi yang akan dibangun pada konvensi capres tersebut. Yakni, harus memiliki ideologi yang sama berkomitmen menjadikan Indonesia lebih baik.

    "Itu bukan bentuk lisan atau retorika, tapi dalam kehidupan sehari-hari kan kita bisa deteksi mana partai politik yang punya arah sama dengan Partai NasDem," ujar Ali.

    Pada Pemilu 2019, Partai NasDem meraih 9,05 persen atau 12.661.792 suara. NasDem membutuhkan satu hingga dua partai untuk memenuhi syarat presidential treshold sebesar 20 persen parlemen atau 25 persen perolehan suara.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id