Wapres Ingatkan Kementerian dan Pemda Aktif Jalankan Reformasi Birokrasi

    Kautsar Widya Prabowo - 02 Juli 2021 10:28 WIB
    Wapres Ingatkan Kementerian dan Pemda Aktif Jalankan Reformasi Birokrasi
    ASN. Foto: MI/Ramdani



    Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengingatkan kementerian/lembaga negara serta pemerintah (pemda) terus menjalankan reformasi birokrasi. Hal ini menjadi strategi penting dalam meningkatkan kinerja birokrasi.

    "Reformasi birokrasi pada dasarnya bertujuan menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik adaptif, berintegritas, berkinerja tinggi, bersih, dan bebas dari KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme)," ujar Ma'ruf dalam keterangan tertulis, Jumat, 2 Juli 2021. 

     



    Menurut dia, penyederhanaan birokrasi harus mempertimbangkan prinsip kehati-hatian, kecermatan, objektivitas, keadilan, efisiensi, dan transparansi. Prinsip ini untuk menjaga pelayanan publik tetap dilaksanakan optimal.

    Baca: Nadiem Ungkap Ada Satu SD Negeri Hanya Memiliki Satu Guru ASN

    Aparatur sipil negara (ASN) yang mengalami transformasi jabatan dinilai tidak akan dirugikan dari aspek kesejahteraan maupun karier. Penyederhanaan birokrasi, kata dia, bukan sekadar pemenuhan teknis dokumentasi, tetapi mengubah pola pikir.

    "Indikator perubahan pola pikir ASN dapat dinilai dari meningkatnya kesadaran ASN terhadap eksistensi serta fungsinya sebagai pelaksana kebijakan, pelayan publik, dan perekat NKRI," terang eks Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu.

    Ma'ruf menyebut kesadaran ini harus terus ditingkatkan sembari diimbangi dengan penerapan sistem merit yang menyeluruh. Dengan langkah ini, ia menyakini Indonesia menjadi negara maju yang memiliki sistem pemerintah kelas dunia.

    "Pemerintahan yang profesional dan berintegritas tinggi, yang mampu beradaptasi cepat dan tepat terhadap perubahan lingkungan strategis melalui birokrasi yang dinamis," ungkap Ma'ruf.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id