Jokowi Bagikan Bantuan untuk 12,8 Juta Pelaku Usaha Mikro dan Kecil

    Kautsar Widya Prabowo - 30 Juli 2021 11:00 WIB
    Jokowi Bagikan Bantuan untuk 12,8 Juta Pelaku Usaha Mikro dan Kecil
    Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan bantuan untuk pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak pandemi covid-19. Dok. BPMI Setpres



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan bantuan untuk pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak pandemi covid-19. Total 12,8 juta pelaku usaha mikro dan kecil yang menerima bantuan.

    "Tahun 2021 yang akan dibagikan untuk banpres (bantuan presiden) produktif ini adalah Rp15,3 triliun," ujar Jokowi yang disiarkan secara virtual dari halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 30 Juli 2021.

     



    Jokowi mengatakan bantuan mulai dibagikan hari ini. Dia berharap bantuan ini dapat meringankan beban pelaku usaha mikro dan kecil di tengah pandemi covid-19.

    "Kita berharap ini bisa membantu mendorong ekonomi kita semuanya," jelasnya.

    Menurut dia, pelaku usaha mikro, kecil, dan menegah tengah merasakan kesulitan. Namun, dia ingin para pelaku usaha bekerja lebih keras dan tahan banding mengahadapi pandemi.

    Sebelumnya, Pemerintah menargetkan penyaluran Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahap dua kepada 1,5 juta pelaku usaha mikro hingga akhir Juli 2021. Penyaluran BPUM tahap dua akan dibagi dalam tiga waktu, yakni sampai akhir Juli 2021 sebanyak 1,5 juta pelaku usaha mikro, Agustus sebanyak satu juta pelaku usaha mikro, dan September 500 ribu pelaku usaha mikro.

    "Secara total akan disalurkan kepada tiga juta pelaku usaha mikro yang beberapa di antaranya masih dalam proses migrasi dan cleansing jadi jumlahnya keseluruhan Rp3,6 triliun," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam keterangan tertulis, Jumat, 23 Juli 2021.

    Baca: Bantuan Produktif Usaha Mikro Tahap 2 Sasar 3 Juta UMKM

    Teten menyampaikan anggaran BPUM pada 2021 sebesar Rp11,76 triliun untuk 9,8 juta pelaku usaha mikro dengan nilai bantuan masing-masing sebanyak Rp1,2 juta. Anggaran tersebut telah dituangkan ke dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan telah direalisasikan 100 persen.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id