IPO: Airlangga Populer tapi Tidak Disukai Publik

    Anggi Tondi Martaon - 04 Juli 2020 13:13 WIB
    IPO: Airlangga Populer tapi Tidak Disukai Publik
    Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto - - Foto: Antara/ Rangga Pandu Asmara
    Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartato dinilai kabinet paling populer selama pandemi virus korona. Namun, kepopuleran itu tidak berbanding lurus dengan sentimen positif masyarakat.

    "Respons yang hanya populer tetapi justru tidak disukai oleh publik," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah di diskusi virtual Polemik Trijaya Menanti Perombakan Kabinet, Sabtu, 4 Juli 2020.

    Penilaian tersebut berdasarkan survei yang dilakukan oleh IPO di 135 desa di 30 provinsi pada 8-25 Juni 2020. Jumlah responden survei yang fokus melihat tingkat kepopuleran dan kinerja Kabinet Indonesia Maju (KIM) itu sebanyak 1350 responden. Metodologi survei yang digunakan yaitu well being metodology.

    Berikut daftar menteri yang terpopuler selama pandemi virus korona, yaitu Menko Perekonomian Airlangga Hartato (48,3 persen), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian (44,8 persen), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kasubandio (42,8 persen),

    Selanjutnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi (39,5 persen), Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati (34,9 persen), Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara (31,5 persen) dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (27,2 persen).

    Baca: Airlangga Beberkan Keberhasilan Relaksasi KUR UMKM selama Pandemi

    Namun, kepopuleran di atas tidak berbanding lurus dengan respons positif responden. Buktinya, kabinet yang paling banyak mendapatkan respons positif yaitu Mendagri Tito Karnavian (34,5 persen). Salah satu alasannya yaitu kebijakan memundurkan pemungutan Pilkada 2020.

    "Dianggap sebagai kebijakan yang tepat dan menempatkan masyarakat dalam posisi yang aman," kata Dedi.

    Selanjutnya, menteri yang paling banyak kedua mendapat respons positif yaitu Menparekraf Wishnutama Kasubandio (27,0 persen) dan diikuti oleh Menlu Retno Marsudi (24,1 persen).

    Respons positif Menko Perekonomian Airlangga Hartato masih kalah dengan Menkeu Sri Mulyani (21,4 persen). Respons positif responden terhadap Ketua Umum Partai Golkar itu hanya 19,7 persen.

    "Jadi sangat jauh sekali (perbandingan kepopuleran dengan respon positif) ini berkaitan dengan kondisi di mana di masa pandemi," ujar dia.

    (JMS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id