NasDem Optimistis RUU PKS Segera Disahkan

    Zaenal Arifin - 06 Maret 2020 17:36 WIB
    NasDem Optimistis RUU PKS Segera Disahkan
    Anggota Komisi III Taufik Basari (kanan). Foto: MI/M Irfan
    Jakarta: Fraksi Partai NasDem DPR RI optimistis Rancangan Undang-Undang (RUU) Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) segera disahkan. Pasalnya, fraksi di DPR bisa fokus membahas RUU karena 2020 bukan tahun politik.

    "Saya cukup optimistis dalam periode sekarang RUU PKS ini dapat dibahas dan disahkan menjadi UU," kata Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Taufik Basaria dalam sebuah diskusi di Jakarta Pusat, Jumat, 6 Maret 2020.

    Namun, dewan dan masyarakat perlu berkomunikasi agar RUU PKS bisa disahkan menjadi legislasi. Baik komunikasi di internal anggota DPR maupun komunikasi publik agar muncul norma bersama mencegah kekerasan seksual.

    NasDem Optimistis RUU PKS Segera Disahkan
    Ilustrasi kekerasan seksual. Medcom.id

    Taufik memastikan RUU PKS masih terus diperjuangkan Partai NasDem. Partai yang dinakhodai Surya Paloh ini akan lebih aktif, terutama menyusun naskah akademik dan merepresentasikan aspirasi publik di penyusunan legislasi.

    Baca: NasDem Dorong RUU PKS Disahkan

    Fraksi NasDem sebagai salah satu pengusul RUU PKS, membuka ruang komunikasi seluas-luasnya bagi berbagai pihak, kelompok, dan gerakan perempuan. NasDem siap bersama-sama memperkuat substansi dari naskah akademik RUU PKS.

    Sebelumnya, pembahasan mengenai RUU PKS ingin dibahas pada periode 2014-2019. Namun, pembahasan tak bisa dikebut karena sudah masuk masa kampanye. Pembahasan pun terhenti karena Pemilu Serentak 2019 dan pergantian perioden.

    (SUR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id