Survei: Elektabilitas Mayoritas Partai Politik Turun

    Medcom - 16 Oktober 2020 14:00 WIB
    Survei: Elektabilitas Mayoritas Partai Politik Turun
    ilustrasi.
    Jakarta: Elektabilitas mayoritas partai politik turun. Hanya PDI Perjuangan, Gerindra, PKS dan PSI yang elektabilitasnya tidak menurun.
     
    Hal itu terlihat dari hasil survei Indometer yang dilakukan pada 25 September-5 Oktober 2020. PDI Perjuangan dan Gerindra masih di peringkat satu dan dua. PDIP meraih elektabilitas 31,6 persen, naik dari sebelumnya 26,8 persen, sedangkan Gerindra dari 14,1 persen menjadi 14,4 persen.
     
    Di antara parpol oposisi hanya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang naik elektabilitasnya, dari 4,9 persen menjadi 5,7 persen. Sementara itu Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang belum memiliki keterwakilan di Senayan bergerak naik dari 4,4 persen menjadi 4,8 persen.
     
    “Elektabilitas partai-partai politik mengalami penurunan, hanya empat parpol yang naik yaitu PDIP, Gerindra, PKS, dan PSI,” kata Direktur Eksekutif lembaga survei Indometer Leonard SB, Jumat, 16 Oktober 2020.
     
    Posisi ketiga ditempati Golkar yang turun dari 8,2 persen menjadi 8,0 persen. Lalu ada PKB (5,4 persen menjadi 5,1 persen), Nasdem 4,2 persen menjadi 3,6 persen, dan PPP 2,1 persen menjadi 1,9 persen.
     
    Sementara parpol di luar pemerintah lainnya juga menurun, yaitu Demokrat  dari 3,9 persen menjadi 3,2 persen dan PAN 2,3 persen menjadi 1,1 persen). “PAN makin anjlok setelah pendirinya Amien Rais resmi keluar dan membentuk parpol baru,” ujar Leonard.
     
    Selebihnya parpol-parpol papan bawah, yaitu Perindo 0,7 persen menjadi 0,5 persen, Hanura 0,4 persen menjadi 0,3 persen, dan Berkarya 0,4 persen menjadi 0,3 persen). PKPI, PBB, dan Garuda masing-masing 0 persen, dan sisanya tidak tahu/tidak menjawab.
     
    Survei Indometer dilakukan melalui sambungan telepon kepada 1.200 responden dari seluruh provinsi yang dipilih acak dari survei sebelumnya sejak 2019. Margin of error sebesar 2,98 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

    (FZN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id