Pemerintah Didesak Segera Menelusuri Ribuan Masyarakat Terpapar Covid-19 Keluyuran

    Media Indonesia.com, M Iqbal Al Machmudi - 15 September 2021 12:32 WIB
    Pemerintah Didesak Segera Menelusuri Ribuan Masyarakat Terpapar Covid-19 Keluyuran
    MGN Summit Indonesia 2021: Publick Heath-Vaccine What to Expect varian baru virus covid-19. (Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)



    Jakarta: Pemerintah didesak segera menelusuri ribuan orang positif covid-19 yang terdeteksi berkeluyuran ke berbagai ruang publik, termasuk di pusat perbelanjaan. Pemerintah diminta mencari tahu penyebab orang-orang itu masih bisa keluyuran.

    "Kejadian ini menjadi cambuk kita bersama, agar sistem harus diperbaiki, fungsi pengawasan dan kontrol di lapangan harus disempurnakan," ucap anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo kepada wartawan, Jakarta, Rabu, 15 September 2021.

     



    Di sisi lain, dia menilai sistem PeduliLindungi sudah baik. Buktinya, kata dia, ribuan orang yang terjangkit virus berbahaya itu terdeteksi melakukan aktivitas di ruang publik.

    "Sistemnya sudah bagus, tidak bisa dibohongi, artinya mereka yang dinyatakan positif oleh laboratorium akan terintegrasi dengan PeduliLindungi, saya kira bagus," kata Rahmad.

    Baca: Tersedia Berbagai Merek Vaksin, Dinkes DKI: Jangan Pilih-pilih

    Rahmad meminta kejadian ini menjadi pelajaran bersama. Menurut dia, sistem pada aplikasi PeduliLindungi serta pengawasan di lapangan perlu disempurnakan.

    Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin melaporkan perkembangan masif dari implementasi aplikasi PeduliLindungi. Budi menyebut sudah ada 29 juta yang terdaftar di aplikasi tersebut.

    Dari aplikasi itu terdeteksi masyarakat yang berkeliaran meski dalam keadaan positif covid-19. Tercatat ada 3.830 orang yang terdeteksi positif covid-19 melakukan aktivitas di ruang publik.

    "Kita bisa lihat surprisingly tetep aja ada 3.830 orang yang masuk kategori hitam. Hitam itu artinya positif covid-19 tapi masih jalan-jalan," kata Budi.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id