Lewat Presidensi G20, Indonesia Bawa Dunia Menjadi Lebih Baik

    Andhika Prasetyo - 01 Desember 2021 20:44 WIB
    Lewat Presidensi G20, Indonesia Bawa Dunia Menjadi Lebih Baik
    Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kesempatan Presidensi G20 harus dimanfaatkan Indonesia berkontribusi membawa dunia ke arah yang lebih baik. Indonesia, kata Jokowi, bakal membuktikan komitmen-komitmen, yakni berperan memulihkan ekonomi global, membangun tata kelola dunia yang lebih sehat dan berkelanjutan.

    "Indonesia terus mendorong negara-negara G20 membangun kolaborasi dan menggalang kekuatan untuk memastikan masyarakat dunia dapat merasakan dampak positif dari pembangunan," ujar Jokowi dalam G20 Indonesia Presidency Opening Ceremony, Rabu, 1 Desember 2021.

     



    Kepala Negara memastikan Presidensi Indonesia di G20 tidak hanya sebatas seremonial. Pemerintah akan mendorong negara-negara anggota melakukan aksi-aksi nyata, menghasilkan terobosan-terobosan besar untuk pembangunan dunia.

    Baca: Kominfo: Presidensi Indonesia G20 Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional

    Selain itu, Presidensi Indonesia juga akan digunakan memperjuangkan aspirasi dan kepentingan negara-negara berkembang. Indonesia berupaya membangun tata kelola dunia yang lebih adil, memperkuat solidaritas mengatasi perubahan iklim, dan pembangunan berkelanjutan.

    "Kita akan menggalang komitmen negara maju membantu negara berkembang, negara kaya membantu negara miskin. Kebersamaan adalah jawaban atas masa depan dengan semangat solidaritas," tegas Jokowi.

    Indonesia juga berupaya keras menghasilkan inisiatif-inisiatif konkret mendorong pemulihan situasi global agar segera pulih dan menjadi kuat. Hal tersebut sesuai tema G20 'Recover Together, Recover Stronger'.

    Di sisi lain, Jokowi mengundang para delegasi anggota G20 datang ke Tanah Air dan melihat keindahan alam yang terhampar luas. Kemudian, menyaksikan keunikan keragaman budaya dan merasakan keramahtamahan masyarakat Indonesia. 

    "Kami akan menyambut Bapak dan Ibu semua dengan kegembiraan dan tangan terbuka. Selamat datang di Indonesia," kata Jokowi.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id