Kominfo: Presidensi Indonesia G20 Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional

    Achmad Zulfikar Fazli - 01 Desember 2021 18:56 WIB
    Kominfo: Presidensi Indonesia G20 Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional
    Ilustrasi G20/AFP



    Jakarta: Forum Presidensi G20 dinilai memberikan manfaat nyata untuk Indonesia berupa percepatan pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi. Kick off Presidensi G20 yang diketuai Indonesia dimulai pada 1 Desember 2021. 

    “Rangkaian acara (G20) selama satu tahun ke depan diharapkan dapat menumbuhkan konsumsi domestik, menyerap tenaga kerja serta meningkatkan investasi, dan PDB Indonesia,” ujar Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Hasyim Gautama dalam keterangan tertulis, Rabu, 1 Desember 2021. 

     



    Kominfo bersama Kantor Staf Presiden (KSP) serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ditunjuk sebagai penanggung jawab komunikasi media di G20. Hasyim menekankan Kominfo berperan menyosialisasikan informasi positif terkait G20 kepada masyarakat. 

    Terdapat dua topik utama dalam rangkaian acara G20. Yakni, Sherpa Track yang akan membahas ekonomi non-keuangan seperti energi, pariwisata, pendidikan, dan lingkungan. Kemudian, Finance Track yang akan membahas isu ekonomi hingga isu keuangan. 

    “Tentunya akan sangat banyak isu-isu yang dibahas di G20. Setiap sektor K/L harus menyampaikan isu sektoral ke masyarakat sesuai dengan kerangka yang sudah ditentukan. Perlu adanya persamaan persepsi bagi setiap aktor komunikasi termasuk pengelola medsos,” ujar dia. 

    Baca: Menkominfo Akan Bawa Isu Industri Kesehatan Digital Dalam KTT G20

    Hasyim mengatakan ajang G20 dapat membawa manfaat yang optimal bagi masyarakat. Potensi informasi yang tidak benar, disinformasi, dan hoaks rawan muncul di medsos saat Indonesia menggelar event internasional. 

    “Kita harus bersinergi dalam memainkan orkestrasi komunikasi publik. Narasi yang akurat, menjadi langkah terbangunnya komunikasi publik yang bersahabat,” kata dia. 

    Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri, Yusron B Ambary, mengatakan salah satu keuntungan Presidensi Indonesia di G20 adalah memperkuat kepemimpinan dan kontribusi Indonesia di tingkat global. 

    “Pemberitaan mengenai Indonesia di dunia internasional akan menggema dengan hebat. Makanya kita sama-sama harus menentukan strategi bersama-sama untuk mengomunikasi isu G20,” ujar dia. 
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id