Menkes Usulkan Sentra Vaksinasi Dibuat di Mal dan Bandara

    Antara - 02 Juni 2021 12:44 WIB
    Menkes Usulkan Sentra Vaksinasi Dibuat di Mal dan Bandara
    Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. MI/Immanuel Antonius



    Tangerang Selatan: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengusulkan sentra vaksinasi disediakan di mal-mal besar. Hal ini dapat mempermudah dan memperluas akses vaksinasi covid-19.

    "Jadi ada banyak potensi kegiatan masyarakat yang banyak dihadiri dan kita bisa gabungkan dengan program vaksinasi. Contohnya, belanja di mal," ujar Budi di Tangerang Selatan, Banten, Rabu, 2 Juni 2021.

     



    Ia mencontohkan beberapa mal di daerah Tangerang Selatan yang berpotensi menjadi sentra vaksinasi. Ketiga mal tersebut memiliki cakupan dan akses ke warga, yakni, Bumi Serpong Damai (BSD), Alam Sutra, dan Bintaro.

    "Mungkin perlu minta ke pengembangnya sekali-sekali kerja sosial untuk warganya. Sekali- sekali (warga) dikasih tempat untuk vaksinasi gratis," kata Budi.

    Baca: Pemerintah Upayakan Kemudahan Akses Vaksinasi Penyandang Disabilitas

    Kolaborasi lain lain yang bisa dilakukan untuk membantu program vaksinasi ialah fasilitas travel dan penerbangan. Contohnya, Bandara Angkasa Pura II Cengkareng yang digunakan 10.000 pendatang tiap harinya.

    "Itu bisa kan dibikin tempat yang agak besar (untuk vaksinasi). Bisa sekitar 5.000 orang dalam sehari (dapat vaksin covid-19)," ujar Budi.

    Budi menyebut kolaborasi banyak pihak dengan pemerintah sangat dibutuhkan untuk mempercepat target vaksinasi. Saat ini, 27 juta vaksin telah dibagikan dari 360 juta dosis target distribusi.
     

    Vaksin untuk Indonesia

    Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.

    "Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.

    Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id