comscore

DPR Sepakat Hentikan Pembahasan RUU Penanggulangan Bencana

Atalya Puspa - 13 April 2022 20:40 WIB
DPR Sepakat Hentikan Pembahasan RUU Penanggulangan Bencana
Gedung DPR di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Foto: MI/Bary Fathahilah
Jakarta: Komisi VIII DPR dan Kementerian Sosial (Kemensos) bersepakat menghentikan pembahasan tentang Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Penanggulangan Bencana pada tingkat satu. Tidak ada kesepakatan mengenai nomeklatur kelembagaan BNPB.

"Komisi VIII tetap berpegang pada RUU Penanggulangan Bencana bahwa nomenklatur kelembagaan BNPB disebutkan secara eksplisit dalam RUU Penanggulangan Bencana. Sementara itu, pemerintah tidak mau menyebutkan secara eksplisit dan pengaturan lebih lanjut mengenai lembaga ini akan diatur dalam peraturan presiden untuk memberikan fleksibilitas pada presiden," kata Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto, Rabu, 13 April 2022.
Dia menyatakan tujuan utama komisi VIII menginisiasi pembahasan RUU tersebut ialah agar lembaga BNPB dapat diperkuat. Namun, kenyataanya pemerintah malah tidak menghendaki adanya lembaga BNPB.

"Artinya, kalau BNPB tidak ada berarti bubar, dong. Pemerintah juga mengatakan bahwa tidak perlu disebut lembaga BNPB, cukup melalui perpres. Bagi kami ini krusial, sementara kita tahu setiap hari ada bencana," kata dia.

Baca: BPBD Lebak Ajukan Rp 1 Miliar Bangun Huntap Korban Tanah Bergerak

Sementara itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengakui belum ada titik temu antara pemerintah dan Komisi VIII DPR terkait dengan RUU Penanggulangan Bencana. Kemensos menyiapkan sejumlah langkah terkait ini.

"Karena kalau sekarang ini kita masih nangani marginnya itu bencana Februari sampai sekarang aku masih menangani pengungsi itu harus ada dasarnya," ujar Risma.

Dia menuturkan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan dan memperbaiki langkah-langkah penanganan bencana. "Kayak sekarang misal, daerah BMKG meramalkan ada tsunami besar itu harus diantisipasi sebelumnya ini belum teratur," kata Risma.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id