Beda e-Rekap dan Situng KPU

    Cindy - 12 November 2019 19:03 WIB
    Beda e-Rekap dan Situng KPU
    Ilustrasi Pilkada Serentak 2020. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi membeberkan perbedaan e-Rekap dan sistem penghitungan (situng). Kedua sistem jauh berbeda. 

    "Situng KPU itu kan hanya kebutuhan informasi, dia tidak menentukan hasil. Kalau e-Rekap itu pasti angka valid yang sudah melalui verifikasi dari banyak pihak," terang Pramono di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa, 12 November 2019.

    Pramono menjelaskan situng KPU mengambil data penghitungan suara secara langsung di setiap tempat pemungutan suara (TPS). Data yang didapat belum tentu benar.

    "Situng itu apa adanya dari TPS, entah itu salah entah benar pokoknya apa pun dari TPS kita ambil (data penghitungan)," ucap Pramono. 

    Sementara itu, e-Rekap diambil dari surat rekapitulasi suara C1 yang didigitalisasi. Pramono memastikan hasil penghitungan terverifikasi.

    Dia menjelaskan hasil situng KPU dikumpulkan di kabupaten/kota. Sedangkan e-Rekap bisa dikumpulkan dari tiap TPS atau tiap kecamatan. 

    "Kalau e-Rekap pasti maksimal di tingkat kecamatan karena dia harus selesai penghitungan dan buat mengganti proses rekapitulasi," jelas Pramono. 

    E-Rekap merupakan sistem penghitungan rekapitulasi suara berbasis teknologi elektronik. Pramono menjelaskan nantinya pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS tetap dilakukan manual. 

    "Plano yang besar itu (hasil penghitungan suara di TPS) disalin menjadi C1 kecil, nah C1 ini yang digitalisasi. Proses digitalisasi ini lah proses di tingkat kecamatan, kabupaten/kota dan provinsinya melalui proses elektronik," terang Pramono. 

    Pilkada 2020 bakal digelar di 270 daerah. Rinciannya, 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Semula Pilkada Serentak 2020 diikuti 269 Daerah. Namun, bertambah menjadi 270 karena Pilkada Kota Makassar diulang. 



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id