Firli Dukung Pembentukan Dewan Pengawas KPK

    Whisnu Mardiansyah - 09 September 2019 18:32 WIB
    Firli Dukung Pembentukan Dewan Pengawas KPK
    Calon pimpinan KPK Irjen Firli Bahuri. MI/Susanto.
    Jakarta: Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Firli Bahuri tak mempersoalkan rencana pembentukan dewan pengawas KPK. Pembentukan dewan pengawas diatur Revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 Tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

    "Sejauh memperkuat KPK saya rasa tidak ada masalah," kata Firli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 9 September 2019.

    Firli sepakat KPK bisa mengeluarkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) untuk perkara yang tidak terbukti lebih dari satu tahun. Menurutnya, aturan itu selaras dengan Undang-Undang Hukum Acara Pidana.

    "UU Nomor 8 Tahun 1981 Tentang Hukum Acara Pidana menyatakan Pasal 109 ayat 2 dikatakan apa saja yang harus dihentikan. Satu perkara itu tidak cukup bukti, tersangka meninggal, bukan suatu peristiwa pidana. Itu saja yang kita pedomani," kata Firli.

    Jenderal bintang dua itu enggan mengomentari aturan penyadapan harus mendapatkan izin dewan pengawas. Ia akan mempelajari lebih lanjut draf revisi itu untuk memahami kewenangan KPK.

    "Nanti kalau saya udah ketua atau komisioner KPK baru ya. Sekarang kan masih calon kita," pungkas dia.

    Tahapan proses uji kepatutan dan kelayakan 10 calon pimpinan KPK dimulai dengan uji makalah. Ada 14 topik yang telah ditentukan dan akan dipresentasikan saat mereka melakukan uji kelayakan dan kepatutan pada Rabu, 11 September 2019.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id