comscore

Jokowi Dorong Perguruan Tinggi Optimalkan Teknologi Digital

Insi Nantika Jelita - 15 Desember 2021 14:55 WIB
Jokowi Dorong Perguruan Tinggi Optimalkan Teknologi Digital
Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong perguruan tinggi, seperti Universitas Terbuka (UT) mengoptimalkan teknologi digital. Sehingga, kualitas pendidikan di Tanah Air meningkat.

"Universitas Terbuka sudah memiliki fondasi yang kuat dalam digital learning (pembelajaran digital). Fondasi ini harus dikembangkan untuk memfasilitasi penguasaan mahasiswa dan para dosen di industri teknologi masa depan," ujar Kepala Negara dalam dalam Studium Generale Universitas Terbuka secara virtual, Rabu, 15 Desember 2021.

 



Menurut dia, fondasi tersebut dapat mempermudah mahasiswa belajar jarak jauh. Kemudian, membantu praktisi pendidikan memberi pelajaran.

Jokowi menegaskan kondisi pandemi, tidak boleh mengendurkan dan menghalangi program utama pemerintah. Peningkatan kualitas pendidikan harus diupayakan.

Baca: Jokowi Minta Perusahaan Teknologi Beri Kesempatan Mahasiswa Magang

"Pandemi harus kita petik dan dijadikan momentum untuk inovasi, mengimplementasi program pendidikan kita di tengah disrupsi digital," kata Jokowi.

Perguruan tinggi di Indonesia juga diminta untuk terus manfaatkan teknologi digital. Baik untuk konektivitas jarak jauh maupun analisis data. Menurut Jokowi, hal tersebut bisa dijadikan peluan dan membuat perguruan tinggi menjadi institusi edukasi yang melek digitalisasi.

Rektor Universitas Terbuka Ojat Darojat sepakat dengan Jokowi. Universitas dan mahasiswa dituntut menciptakan inovasi kreatif di revolusi teknologi 4.0.

"Mahasiswa memiliki peran penting memanfaatkan dan mengembangkan teknologi dan informasi digital. Sejak 1996, Universitas Terbuka kini existing menerapkan kemajuan dalam bidang teknologi. Mahasiswa merupakan generasi penerus dalam kemajuan bangsa Indonesia ke depan," kata dia.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id