Masyarakat Natuna Tuntut Posko Kesehatan

    Anggi Tondi Martaon - 04 Februari 2020 16:32 WIB
    Masyarakat Natuna Tuntut Posko Kesehatan
    Sejumlah elemen masyarakat Natuna, Provinsi Kepri berunjuk rasa di Bandara Lanud Raden Sadjad (RSA) Ranai, Sabtu, 1 Februari 2020. Medcom.id/ Anwar Sadat Guna
    Jakarta: Perwakilan masyarakat Natuna menyampaikan tuntutan ke Komisi IX DPR RI. Masyarakat yang dipimpin Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, ingin posko kesehatan tak hanya di kawasan observasi atau karantina, tapi juga di lingkungan masyarakat.

    "Apalagi saya baru tahu kalau ternyata tempat obeservasi dengan permukiman penduduk sekitar 1,7 kilometer," kata Wakil Ketua Komisi IX Nihayatul Wafiroh di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, 4 Februari 2020.

    Nihayatul merespons positif tuntutan itu. Menurut dia, posko kesehatan di lingkungan masyarakat sangat diperlukan. Mengingat, hanya ada rumah sakit tipe C di Natuna.

    Tipe rumah sakit itu dianggap kurang menunjang. Apalagi yang dihadapi adalah isu virus korona, yang penawarnya belum ditemukan.

    Masyarakat Natuna Tuntut Posko Kesehatan
    WNI dari Wuhan mendarat di bandara Hang Nadim batam sebelum dikarantina di Natuna. Foto: Dok Kemenlu

    Tuntutan lain, kata Nihayatul, masyarakat ingin jaminan biaya kesehatan. Khususnya jika ada warga yang terjangkit korona di Natuna.

    "Karena rumah sakitnya masih tipe C tentunya butuh rujukan ke Batam dan itu biayanya cukup tinggi," ungkap dia.

    Terakhir, perwakilan masyarakat ingin bertemu Ketua DPR Puan Maharani. Mereka ingin Puan memfasilitas untuk menemui Presiden Joko Widodo.

    Nihayatul menganggap wajar tuntutan yang disampaikan oleh perwakilan masyarakat. Hal itu akan diperjuangkan oleh Komisi IX.

    "Komisi IX menyepakati itu dan kita sedang memikirkan untuk merencanakan akan melakukan pengawasan ke Natuna," ujar dia.





    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id