5 Juta Vaksin untuk Lansia akan Didistribusikan di Jawa dan Bali

    Kautsar Widya Prabowo - 22 Februari 2021 22:27 WIB
    5 Juta Vaksin untuk Lansia akan Didistribusikan di Jawa dan Bali
    Ilustrasi vaksinasi terhadap lansia/Medcom.id/Yurike.
    Jakarta: Distribusi vaksin covid-19 untuk kelompok lanjut usia (lansia) akan dilakukan secara bertahap. Sebab, ketersedian vaksin belum dapat memenuhi total 38 juta masyarakat usia di atas 60 tahun. 

    Juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menjelaskan ada tujuh juta vaksin yang akan didistribusikan. Mayoritas vaksin akan didistribusikan di daerah dengan kasus covid-19 tertinggi.

    "(Sebanyak) lima juta vaksin akan didistribusikan di Pulau Jawa-Bali di tujuh provinsi memang kita ketahui yang memiliki kasus terbanyak covid-19," ujar Nadia dalam diskusi virtual, Senin, 22 Februari 2021. 

    Baca: Vaksinasi Covid-19, 9.087 Lansia di Jakut Terdaftar

    Namun, Nadia tidak memerinci tujuh provinsi yang dimaksud. Dia juga tak membeberkan distribusi dua juta vaksin untuk lansia.

    "Di tahap awal dengan adanya tujuh juta vaksin maka vaksinasi lansia akan difokuskan lansia memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Provinsi DKI Jakata dan memiliki ibu kota provinsi di 33 provisni di luar ibu kota Jakarta," tuturnya. 

    Sementara itu, pemerintah menyiapkan dua mekanisme pendaftaran bagi lansia yang ingin mendapatkan vaksin covid-19. Pertama, pendaftaran bisa dilakukan di fasilitas kesehatan, baik di puskesmas maupun rumah sakit pemerintah di wilayah masing-masing.

    Kedua, peserta dapat mendaftar secara online dengan mengunjungi website Kemkes.go.id, covid19.go.id. Pendaftaran juga bisa memanfaatkan situs Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id