Hoaks dan Kampanye Hitam Pengaruhi Perolehan Suara di Pilkada 2020

    Kautsar Widya Prabowo - 25 Januari 2021 16:31 WIB
    Hoaks dan Kampanye Hitam Pengaruhi Perolehan Suara di Pilkada 2020
    Ilustrasi hoaks. Medcom.id
    Jakarta: Informasi bohong atau hoaks dinilai berpengaruh pada perolehan suara pasangan calon dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Hal itu terjadi di sejumlah daerah penyelenggara pilkada.

    "Isu hoaks yang mencuat itu ada di Pilkada Provinsi Sumatra Barat, Kalimatan Tengah, Kota Medan, Kota Solo, Kota Makassar, Kota Surabaya, dan Kabupaten Banyuwangi," ujar peneliti Konstitusi dan Demokrasi (Kode) Inisiatif Ihsan Maulana dalam diskusi daring, Senin, 25 Januari 2021.

    Ihsan mengatakan hampir seluruh paslon yang merasa dirugikan akibat hoaks mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Hanya paslon di Pilkada Kota Medan, Solo, dan Makassar yang tidak mengajukan sengketa.

    Ihsan menilai penyebaran hoaks itu terjadi di daerah yang mendapat perhatian dari masyarakat luas. Pasalnya, kompetisi pemilihan kepala daerah itu berjalan sengit.

    Baca: Mafindo: Masyarakat Rukun Bikin Hoaks Sulit Beredar

    Ihsan menyampaikan Pilkada 2020 juga diwarnai kampanye hitam atau black campaign yang berujung pada gugatan di MK. Sengketa pilkada itu teregister dalam Permohonan Nomor 60/PHP.BUP-XIX/2021 di Kabupaten Kuantan Singingi.

    Selain itu, berdasarkan data Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terdapat 182 situs di media sosial yang terbukti melanggar ketentuan sepanjang 15-24 November 2020. Sebanyak 38 situs di antaranya bermuatan hoaks.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id