Forkopimda Diminta Antisipasi Kalster Covid-19 Baru Usai Libur Panjang

    Theofilus Ifan Sucipto - 26 Oktober 2020 09:39 WIB
    Forkopimda Diminta Antisipasi Kalster Covid-19 Baru Usai Libur Panjang
    Ilustrasi korona. Medcom.id
    Jakarta: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta seluruh forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) kompak mengantisipasi potensi kerawanan di tengah pandemi covid-19 (korona). Apalagi, dalam waktu dekat ada libur panjang.

    “Kerawanan yang paling utama sekali pada masa pandemi ini adalah kerawanan penularan (covid-19) dan perlu diantisipasi oleh semua stakeholder,” kata Tito dalam keterangan tertulis, Senin, 26 Oktober 2020.

    Tito meminta jajaran mengantisipasi masyarakat mengambil cuti panjang pada libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama. Salah satu yang mesti diantisipasi, yakni mobilitas masyarakat baik pulang kampung atau berlibur.

    Dia mengingatkan padatnya mobilitas harus disikapi dengan cermat agar tidak menjadi klaster covid-19 baru usai liburan. Mantan Kapolri itu juga meminta forkopimda meningkatkan kewaspadaan terhadap keselamatan lalu lintas di darat, laut, maupun udara. Supaya masyarakat bisa bepergian dengan selamat dan tidak menimbulkan korban jiwa.

    (Baca: Wisatawan ke Puncak Bogor Dibatasi saat Libur Panjang)

    Forkopimda juga mesti membantu pemerintah mencegah munculnya klaster baru di tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Pemerintah pusat melalui Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, sudah berupaya mengingatkan sekretaris jenderal seluruh partai politik agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.

    “Mohon forkompinda melakukan rapat identifikasi potensi kerawanan penularan di daerah masing-masing dan langkah pencegahannya seperti kampung tangguh dan masyarakat tangguh,” tutur dia.

    Tito juga mengingatkan potensi kerawanan banjir. Sebab, Indonesia diprediksi mengalami dampak hidrometeorologi akibat fenomena La Nina.

    “Semua harus berusaha untuk mencegah tidak terjadi banjir,” ucap Tito.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id