Tjahjo Tak Masalah Gaji PNS DKI Capai Rp20 Juta

    Damar Iradat - 21 November 2019 15:00 WIB
    Tjahjo Tak Masalah Gaji PNS DKI Capai Rp20 Juta
    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo. ANT/Puspa Perwitasari.
    Jakarta: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo tak mempermasalahkan gaji pegawai negeri sipil (PNS) DKI Jakarta mencapai Rp20 juta sebulan. Hal itu disesuaikan dengan kemampuan daerah.

    "Enggak masalah. Karena di UU-nya itu, semua sistem tunjangan, kinerja itu ada kalimat disesuaikan dengan kemampuan daerah," kata Tjahjo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 21 November 2019.

    Dari penelusuran Medcom.id, setidaknya ada sejumlah aturan yang mengatur ihwal gaji PNS. Di antaranya UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan ke-18 PP Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS.

    Tjahjo mengatakan tunjangan kinerja setiap daerah tak bisa dipukul rata. Selain mempertimbangkan letak geografis, aspek pendapatan daerah juga menjadi salah satu indikator.

    "Saya kira penyeragaman memang di satu sisi perlu, tapi di sisi lain potensi daerah beda. Secara geografis juga beda," jelasnya.

    Pemerintah berpeluang menata ulang sistem pendapatan yang diterima PNS. Tapi, kata Tjahjo, rencana itu tak akan dilakukan dalam waktu dekat.

    "Belum. Kita belum arah sana. Kita jangka pendek ini menata reformasi birokrasi secara keseluruhan dan hierarki," jelasnya.

    Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir sebelumnya mengatakan gaji besar PNS DKI didapatkan dari gaji pokok dan tunjangan kinerja daerah (TKD). Ia mengatakan gaji pokok pegawai Golongan IIIA di Pemprov DKI Rp2.579.000 per bulan. Namun, tunjangan kinerjanya sebesar Rp 17.370.000 per bulan.

    Dengan demikian, pendapatan yang mereka peroleh setiap bulan mencapai Rp19.949.000. Gaji ini diperoleh dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

    Komponen gaji yang diperoleh PNS berlaku secara nasional, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2019 Tentang Perubahan ke-18 Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1997 Tentang Peraturan Gaji PNS.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id