Konsep Kerja Fleksibel ASN Dimatangkan

    Antara - 12 Desember 2019 13:14 WIB
    Konsep Kerja Fleksibel ASN Dimatangkan
    Pegawai Negeri Sipil (PNS) Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DKI Jakarta. Foto: MI/Pius Erlangga
    Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bakal mematangkan konsep kerja fleksibel bagi aparatur sipil negara (ASN). Konsep ini sedang disiapkan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). 

    "Saya sudah diskusi lama dengan Pak Kepala Bappenas (Suharso Monoarfa), dia akan menyampaikan ke kami awal Januari. Dia sudah punya konsep, program untuk pegawai Bappenas bekerja dari rumah, juga di kantor," kata Menteri PANRB Tjahjo Kumolo di Kantor Wakil Presiden (Wapres), Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 12 Desember 2019.

    Menurut dia, gagasan sistem flexiwork ini dapat diterapkan di kementerian, lembaga pemerintah, dan pemerintah daerah. Namun, Kementerian PANRB harus mengkaji guna menyesuaikan penghitungan angka kredit terkait tunjangan ASN.

    "Nanti mau kami diskusikan (dengan Bappenas)," jelas dia.

    Deputi Sarana dan Prasarana serta Deputi Regional Bappenas menguji coba penerapan sistem flexi-work, yang tidak mengharuskan ASN bekerja di kantor. Mekanisme kerja terbagi atas dua sif, pukul 06.00-14.00 diutamakan untuk ASN perempuan dan pukul 14.00-22.00 untuk laki-laki.

    Bappenas sedang menyusun kerangka indikator penilaian kinerja bagi ASN. Rencananya, Rabu, 1 Januari 2020, sekitar 1.000 ASN di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas mulai menerapkan sistem kerja tersebut.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id