Dokumen Kependudukan 23.064 Korban Banjir dan Longsor di Jateng Diganti, Gratis!

    Kautsar Widya Prabowo - 23 Februari 2021 17:16 WIB
    Dokumen Kependudukan 23.064 Korban Banjir dan Longsor di Jateng Diganti, Gratis!
    Ilustrasi Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el). Medcom.id
    Jakarta: Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengganti dokumen kependudukan 23 ribu lebih warga yang terdampak banjir dan longsor di Jawa Tengah (Jateng). Warga terdampak tersebar di Kota Semarang, Kota Pekalongan, dan Kabupaten Demak.

    Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan proses tersebut telah dilakukan sejak Jumat, 19 Februari 2021. Sebanyak 23.064 dokumen kependudukan yang terdiri 18.370 kartu keluarga (KK), 3.497 kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), dan 1.197 akta kelahiran telah diterbitkan.

    "Kami juga mencetak 150 lembar akta kematian bagi korban meninggal dunia akibat bencana alam banjir dan longsor setelah ada  laporan dari RT/RW atau keluarga yang bersangkutan," ujar Zudan dalam keterangan tertulis dalam laman resmi Kemendagri, Selasa, 23 Februari 2021.

    Baca: 17 Kelurahan di Kota Pekalongan Banjir

    Sebagian dokumen kependudukan yang diterbitkan sudah diterima oleh masyarakat. Sebanyak 13.585 KK yang diterbitkan didistribusikan ke masing-masing desa atau kelurahan.

    "Dari jumlah yang didistribusikan ke desa/kelurahan. Sebanyak 5.805 KK di antaranya alhamdulillah sudah diterima oleh warga yang bersangkutan," jelas Zudan.

    Kepala Dinas Dukcapil Kota Pekalongan, Suciono, mengatakan koordinasi dengan dinas dukcapil wilayah lain dilakukan untuk proses penggantian dokumen kependudukan. Ia memastikan pelayanan untuk pengurusan dokumen pascabencana tak sulit.  

    "Pelayanan yang kami lakukan ini gratis, tanpa biaya. Berapa pun dokumen kependudukan yanh dicetak kembali, semuanya gratis," tegas Suciono.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id