Anggaran Sistem Keamanan Indonesia Perlu Ditingkatkan

    Kautsar Widya Prabowo - 04 Januari 2021 14:28 WIB
    Anggaran Sistem Keamanan Indonesia Perlu Ditingkatkan
    Anggota Komisi I DPR Willy Aditya. Medcom.id/Arga Sumantri
    Jakarta: Anggota Komisi I DPR Willy Aditya menilai pemerintah perlu meningkatkan anggaran pertahanan untuk mengikuti perkembangan teknologi global. Sistem keamanan Indonesia harus dimutakhirkan untuk mencegah kendaraan nirawak (drone) kembali menyusup masuk ke wilayah Indonesia.

    "Anggaran yang ada saat ini belum cukup kuat untuk membangun kekuatan teknologi pertahanan komprehensif berbasis Informasi dan teknologi (IT), big data, kecerdasan buatan, serta teknologi sejenisnya," ujar Willy kepada Medcom.id, Senin, 4 Januari 2020.

    Kementerian Pertahanan (Kemenhan), kata Willy, tengah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam memperkuat sistem pertahanan. Salah satunya, menginisiasi pengembangan teknologi pesawat nirawak.

    Kemenhan juga menjalin kerja sama pertahanan dengan Jepang sejak awal Desember 2020. Dia melihat beragam tindakan telah diambil Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi dalam pertahanan.

    Baca: 3 Cara Menghalau Drone Masuk Kedaulatan Indonesia

    Karena itu, dukungan dari masyarakat semakin penting untuk merealisasikan seluruh kerja sama dalam penguatan pertahanan Indonesia. Terutama setelah Menhan Prabowo konsentrasi meningkatkan industri pertahanan dalam negeri.

    "Komisi I DPR berharap masyarakat tidak mudah antipati dengan kenaikan anggaran pertahanan, karena pada prinsipnya hal ini memang dibutuhkan," jelas dia.

    Sebelumnya, nelayan menemukan kapal bawah air nirawak di Pulau Bonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu. Benda asing itu kemudian diamankan TNI Angkatan Laut.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id