Hubungan Diplomatik AS dan Indonesia Diyakini Seperti Era Obama

    Fachri Audhia Hafiez - 08 November 2020 11:33 WIB
    Hubungan Diplomatik AS dan Indonesia Diyakini Seperti Era Obama
    Presiden terpilih AS Joe Biden. Foto: AFP/Mandel Ngan.
    Jakarta: Presiden terpilih ke-46 Amerika Serikat (AS) Joe Biden dinilai akan membawa pengaruh positif terhadap hubungan diplomatik dengan Indonesia. Hubungan mesra kedua negara bakal tercipta seperti era Presiden Barack Obama.

    "Biden ini bisa dikatakan hampir sama, bahkan menduplikasi pemerintah Obama beberapa tahun lalu yang memang punya relasi cukup baik dengan Indonesia," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno kepada Medcom.id, Minggu, 8 November 2020.

    Biden yang pernah menjadi wakil presiden di era pemerintahan Obama, telah membangun relasi cukup baik dengan negara berkembang. Kala itu, pola hubungan antarnegara tidak mengenal negara maju atau negara berkembang.

    "Pola relasinya setara untuk membangun jembatan pengertian antarnegara di dunia. Sepertinya Biden cukup memahami diplomasi tingkat tinggi yang semacam itu," ujar Adi.

    Baca: Pengamat: Ini Empat Prioritas Pemerintahan Joe Biden

    Menurut Adi, aura positif dunia internasional terbukti dari apresiasi negara-negara lain ketika Biden dinyatakan memenangkan Pilpres AS. Berbeda dengan Donald Trump yang sikapnya kerap memecah belah pergaulan internasional.

    Kepemimpinan Biden membawa harapan besar sebagai lokomotif pemersatu pergaulan dunia internasional. Soft diplomacy yang dibawa Biden akan menghadirkan suasana ketenangan dengan negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

    "Tidak ada lagi sarkasme dan isu rasial yang cukup menakutkan seperti di zaman Trump yang anti Islam, anti imigran, dan lain sebagainya," ucap Adi.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id