Perbedaan Pendapat Diharap Tak Membuat Pembahasan RUU TPKS Jalan di Tempat

    Anggi Tondi Martaon - 18 November 2021 17:33 WIB
    Perbedaan Pendapat Diharap Tak Membuat Pembahasan RUU TPKS Jalan di Tempat
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Sejumlah fraksi di DPR ngotot mengusulkan judul lain pada pembahasan draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS). Perbedaan pendapat itu diharapkan tidak membuat pembahasan RUU TPKS jalan ditempat.

    "Sekarang pakai saja dulu judul yang sudah disepakati dalam proses penyusunan draf, yakni RUU TPKS," kata peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) Lucius Karus saat dihubungi, Kamis, 18 November 2021.

     



    Dia tak ingin pembahasan RUU TPKS senasib dengan RUU Larangan Minuman Beralkohol (Minol). Nasib pembahasan bakal beleid tersebut masih tak menentu karena belum ada kata sepakat di DPR.

    "Perbedaan sikap antarfraksi terkait nama RUU Minol ini mengakibatkan RUU ini tak pernah bisa selesai dibahas," kata dia.

    Baca: NasDem Berharap Pleno Baleg Mengesahkan Draf RUU TPKS

    Menurut dia, masing-masing fraksi tidak perlu ngotot pada tahapan penyusunan draf RUU TPKS. Hal itu bisa dilakukan pada pembahasan tingkat I.

    "Tentu saja jika pembahasan nanti mengarah ke perubahan substansi, maka judul RUU bisa saja diubah sesuai dengan nafas utama batang tubuh RUU tersebut," kata dia.

    Dia menduga perbedaan pendapat terjadi karena tidak semua fraksi memahami semangat pembahasan RUU TPKS. Hal itu membuat mereka gamang menyetujui draf yang bakal dibahas.

    "Pemahaman yang dangkal itu akan membuat RUU TPKS bakal mengalami nasib serupa dengan RUU Minol yang karena ketidakjelasan konsep dan batasan larangan Minol, akhirnya enggak selesai-selesai dibahas DPR sampai sekarang," ujar dia.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id