Perintah Jokowi untuk Luhut

    Sri Yanti Nainggolan - 15 September 2020 19:57 WIB
    Perintah Jokowi untuk Luhut
    Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan/MI/Marcel Kelen
    Jakarta: Presiden Joko Widodo menginstruksikan beberapa hal kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, terkait penanganan virus korona (covid-19). Pertama, menekan penambahan kasus covid-19 harian.

    "Kedua peningkatan angka kesembuhan, dan ketiga adalah menurunkan angka kematian," kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, di Jakarta, Selasa, 15 September 2020. 

    Jokowi meminta target tercapai dalam dua pekan melalui beberapa langkah. Pertama, menyamakan data antara pemerintah pusat dan daerah untuk pengambilan keputusan secara cepat. Kedua, menjalankan operasi yustisi menegakkan disiplin protokol kesehatan.

    Baca: Presiden Minta Luhut Fokus Tangani Covid-19 di 9 Provinsi

    "Dengan menggunakan peraturan untuk menindak yang melanggar peraturan," kata Wiku.

    Kemudian, peningkatan manajemen perawatan pasien covid-19 untuk menurunkan angka kematian dan meningkatkan angka kesembuhan. Terakhir, penanganan khusus pada klaster tingkat kabupaten atau kota hingga kelurahan dan rukun warga (RW).

    Luhut, yang juga menjabat Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional diminta memperluas kerja sama. Bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Luhut diminta menggandeng Kementerian Kesehatan untuk menangani kasus covid-19 di sejumlah wilayah. Daerah yang disasar adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, Sumatra Utara, dan Papua.

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id