Menag Jamin Pelayanan Jemaah Haji Lebih Baik

    Candra Yuri Nuralam - 10 Februari 2020 16:23 WIB
    Menag Jamin Pelayanan Jemaah Haji Lebih Baik
    Menteri Agama Fachrul Razi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 10 Februari 2020. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
    Jakarta: Menteri Agama Fachrul Razi menjamin pelayanan untuk jemaah haji bakal lebih baik. Servis terus ditingkatkan tanpa penambahan biaya.

    "Sebagai contoh makan dulu di Makkah 40 kali, sekarang kita jadikan 50 kali," kata Fachrul saat rapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 10 Februari 2020.

    Menurut dia, Kementerian Agama (Kemenag) menyediakan empat penerbangan untuk membawa jemaah ke Arab Saudi. Jumlah penerbangan, kata dia, bisa menekan ongkos.

    Selain itu, jalur cepat disediakan untuk perjalanan pulang maupun pergi jemaah haji. Pelayanan tambahan dipastikan membuat jemaah nyaman. 

    "Banyaklah macam-macam pembaruan dan hebatnya lagi begitu banyak kelebihan kita tambahkan, tapi ongkos naik hajinya tetap," tutur Fachrul.

    Komisi VIII DPR dan Menteri Agama Fachrul Razi mengesahkan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2020, Kamis, 31 Januari 2020. BPIH dipatok Rp35.235.602. 

    Menag Jamin Pelayanan Jemaah Haji Lebih Baik
    Jemaah haji dari Indonesia. Foto: MI/Dwi Apriani

    Rata-rata biaya penerbangan per jemaah dari embarkasi haji ke Arab Saudi, pergi-pulang (PP) Rp28,6 juta, dibayar jemaah haji. Lalu, ada biaya akomodasi Mekah. Visa Rp1,1 juta juga termasuk dalam BPIH.

    Berdasarkan komponen tersebut, BPIH 1441 H/2020 M sama dengan besaran biaya di 2019. Jemaah hanya membayar 51 persen dari rata-rata total BPIH, Rp69.174.167,97.
     
    "Sisanya sebesar 49 persen atau rata-rata Rp33.938.565.97 per jemaah dibiayai oleh dana yang bersumber dari nilai manfaat dan dana efisiensi," kata Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto.



    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id