Layanan Jamsostek Dinilai Berjalan Optimal Selama Pandemi Covid-19

    Medcom - 27 Juni 2020 18:31 WIB
    Layanan Jamsostek Dinilai Berjalan Optimal Selama Pandemi Covid-19
    BPJS Ketenagakerjaan membuat bilik pelayanan selama pandemi covid-19. (Foto: MI/Muhammad Zen)
    Jakarta: BPJS Ketenagakerjaan atau Badan Penyelenggara (BP) Jamsostek dinilai telah memberikan pelayanan yang optimal kepada para pekerja yang terdampak atau berisiko tertular covid-19 selama pandemi . Pelayanan yang optimal dari lembaga pemerintahan sangat penting di tengah kondisi sulit seperti saat ini.

    "Misalnya saja dengan melindungi pekerja medis maupun relawan covid-19 melalui donasi manfaat Jaminan Kecelekaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Program begitu bukti kepedulian BP Jamsostek melayani pekerja supaya nyaman," ujar anggota Komisi IX DPR M Yahya Zaini, Jakarta, Sabtu, 27 Juni 2020.

    Yahya menyoroti mutu pengurusan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) untuk pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi covid-19. Dia menilai pengurusan klaim JHT sangat mudah.

    "Ternyata, pekerja yang di PHK bisa mengurus klaim JHT dengan sistem online. Itu kiranya pelayanan yang inovatif. BP Jamsostek memfasilitasi pekerja supaya tidak repot datang ke kantornya karena pandemi," kata Yahya.

    Baca: 16.583 Warga Bali Klaim JHT Jamsostek

    Sejak pandemi covid-19, Jamsostek menyiapkan kebijakan efektivitas pengurusan klaim JHT melalui Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik). Pekerja yang terdampak PHK akibat pandemi dapat mengurus pengajuan klaim JHT tanpa harus datang ke kantor Jamsostek. Mereka Cukup mendaftarkan secara online lalu diproses.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id