comscore

Wapres Instruksikan Optimalisasi Konektivitas Madura-Surabaya Terkait Industri Halal

Kautsar Widya Prabowo - 14 Januari 2022 10:21 WIB
Wapres Instruksikan Optimalisasi Konektivitas Madura-Surabaya Terkait Industri Halal
Wakil Presiden Ma'ruf Amin/Medcom.id/MI/Adam Dwi.
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menginstruksikan optimalisasi konektivitas Madura dan Surabaya dalam mengembangkan Industri halal. Kedua daerah tersebut dinilai memiliki potensi besar pengembangan industri halal.

"Konektivitas antara Madura dan Surabaya perlu dioptimalkan agar semakin memberikan nilai tambah ekonomi, khususnya bagi masyarakat Madura,” ujar Ma'ruf melalui keterangan tertulis, Kamis, 13 Januari 2022. 
Wapres menjelaskan Kabupaten Bangkalan merupakan bagian integral dari konsep pembangunan Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan (Gerbang Kertasusila). Sehingga, diperlukan langkah-langkah terencana mewujudkan industrialisasi merata. 

Baca: Wapres Mendorong Gaya Hidup Halal Makin Berkembang di Madura

"Diharapkan pengembangan industri di Pulau Madura menempatkan masyarakat Madura sebagai subjek pembangunan, salah satunya dengan bertumpu kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)," kata dia. 

Ma'ruf tak ingin warga Madura hanya menjadi penonton gemuruh pembangunan industri di wilayahnya. Ia telah mendorong pengembangan Industri halal di Madura.

Salah satunya, dengan meresmikan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) atau Halal Center di Universitas Trunojoyo Madura. Langkah ini dapat mendorong produk-produk dari Madura menjadi bagian dari rantai pasok industri halal di Jawa Timur.
 
"Saya mendorong seluruh perguruan tinggi bersama dengan LPH yang ada, selain melakukan tugas pemeriksaan kehalalan, juga menjadi agen peningkatan literasi terkait sertifikasi halal, terutama bagi UMKM," kata Ma'ruf.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id