KSP Sebut Tindakan KKB Mengarah pada Terorisme

    Nur Azizah - 28 April 2021 14:40 WIB
    KSP Sebut Tindakan KKB Mengarah pada Terorisme
    Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. MI/Rommy Pujianto



    Jakarta: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut kejahatan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua sudah mengarah pada tindakan terorisme. Tindakan KKB telah memunculkan rasa tidak aman, takut, hingga pembunuhan kepada warga Papua.

    "Sehingga, ada usulan tidak lagi menggunakan kata KKB tapi teroris," kata Moeldoko di Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, Rabu, 28 April 2021.






    Saat ini, kata dia, usulan itu masih dikaji bersama dengan Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam). KSP juga membahas masalah ini dengan Badan Intelijen Negara (BIN) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

    Di sisi lain, Moeldoko menyampaikan duka cita atas gugurnya Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny. Putu ditembak KBB saat sedang melakukan inspeksi di Distrik Beoga, Puncak Papua, Minggu, 25 April 2021.

    Moeldoko menyesalkan peristiwa tersebut terjadi di tengah upaya pemerintah menyelesaikan masalah Papua. Pemerintah akan lebih tegas melakukan penegakan hukum.

    Baca: 9 Anggota KKB Tewas dalam Baku Tembak Ilaga

    Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan TNI dan Polri untuk menangkap seluruh anggota KKB. Jokowi menegaskan tidak ada tempat untuk KKB di Tanah Air.

    "Saya telah memerintahkan kepada Panglima TNI (Marsekal Hadi Tjahjanto) dan Kapolri (Jenderal Listyo Sigit) untuk terus mengejar dan menangkap seluruh anggota KKB," tegas Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin, 26 April 2021.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id