comscore

Penentuan Tanggal Pemilu 2024 Condong Ikuti KPU

Putra Ananda - 25 November 2021 05:16 WIB
Penentuan Tanggal Pemilu 2024 Condong Ikuti KPU
Ilustrasi pilkada. Medcom.id
Jakarta: Penentuan tanggal pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 mengerucut mengikuti saran Komisi Pemilihan Umum (KPU). KPU mengusulkan pemungutan suara pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres) pada 21 Februari 2024.

Wakil ketua Komisi II dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Luqman Hakim menjelaskan sejak awal partainya mendukung usulan KPU terkait pelaksanan jadwal pemilu pada 21 Ferbuari. Salah satu pertimabangannya, pelaksanaan pilkada serentak di tahun yang sama pada November.
"Semakin tidak bisa ditawar lagi pentingnya coblosan pemilu dilaksanakan 21 Februari 2024," kata Luqman dalam keterangan tertulis, Rabu, 24 November 2021.

Sebelumnya, KPU dan Presiden Jokowi telah bertemu pada 11 November 2021. Pemerintah disebut-sebut memahami alasan KPU menentukan 21 Februari 2024 sebagai hari pelaksanaan pemilu.

Presiden juga menginstruksikan KPU menyusun jadwal dan anggaran tahapan Pemilu 2024 secara efisien. "Saya tentu gembira mendengar kabar di atas. Semoga kabar tersebut benar adanya," kata dia.

Sementara itu, terkait wacana memajukan jadwal pilkada serentak ke September, Luqman menilai perlu ada revisi Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Sebab, payung hukum pemilihan pemimpin daerah secara eksplisit mencantumkan waktu pencoblosan, yaitu November 2024.

"Tentu perlu ditindaklanjuti dengan revisi terbatas UU Pilkada atau dengan penerbitan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu)," ujar dia.

Baca: Hasil Pertemuan KPU-Presiden soal Jadwal Pemilu 2024 Diharapkan Terealisasi
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id