Pemilik Sertifikat Kepemiluan Tak Perlu Buat Makalah di Seleksi Anggota KPU-Bawaslu

    Anggi Tondi Martaon - 21 Oktober 2021 20:37 WIB
    Pemilik Sertifikat Kepemiluan Tak Perlu Buat Makalah di Seleksi Anggota KPU-Bawaslu
    KPU. Ilustrasi: Medcom.id



    Jakarta: Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengharuskan peserta membuat makalah sebagai syarat pendaftaran. Syarat itu berlaku bagi peserta yang tidak memiliki sertifikat atau jurnal ilmiah kepemiluan dan politik.

    "Persyaratan pendaftaran itu memang tidak mencantumkan makalah kecuali bagi teman-teman yang tidak bisa melampirkan bukti memiliki kemampuan," kata anggota Timsel KPU dan Bawaslu, Endang Sulastri, dalam Sosialisasi Pendaftaran Calon Anggota KPU dan Bawaslu, Kamis, 21 Oktober 2021. 

     



    Menurut dia, pembuatan makalah itu untuk melihat kapabilitas calon anggota KPU-Bawaslu terkait kepemiluan dan partai politik (parpol). Makalah yang ditulis, yakni dua lembar.

    Baca: Proses Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Diputuskan di Jakarta

    "Itu bukan dalam bentuk power point, tetapi karya tulis menyampaikan apa sih motivasi saya ikut, kemudian pengetahuan dan pengalaman terkait kepemiluan dan parpol itu perlu dideskripsikan di dalam dua halaman tadi," ungkap dia.

    Dia mewanti-wanti agar peserta membuat makalah yang berkualitas. Pasalnya, syarat tersebut akan dipelajari panitia seleksi (pansel) untuk menentukan nasib para calon anggota KPU-Bawaslu.

    "Nanti kita akan baca seluruhnya," ujar dia.

    Timsel resmi membuka pendaftaran calon anggota KPU dan Bawaslu pada 15 Oktober 2021. Penerimaan pendaftaran dilakukan semenjak 17 Oktober 2021. 

    Ada sejumlah syarat yang dipenuhi para calon. Salah satu persyaratan, yakni memiliki pengetahuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawasan pemilu untuk calon anggota Bawaslu.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id