Elemen Masyarakat Diminta tak Mendikte Pansel KPK

    Juven Martua Sitompul - 20 Juli 2019 22:04 WIB
    Elemen Masyarakat Diminta tak Mendikte Pansel KPK
    Anggota Komisi III DPR Arsul Sani. MI/ Susanto
    Jakarta: Anggota Komisi III DPR Arsul Sani meminta semua pihak tidak mendikte panitia seleksi (Pansel) calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid V. Pansel diminta bekerja secara profesional untuk menyelesaikan rangkain proses seleksi.

    "Kami berharap agar diselesaikan saja prosesnya secara profesional, elemen-elemen masyarakat sipil silakan berikan masukan, tapi semua pihak tidak usah mendikte Pansel," kata Arsul kepada Medcom.id, Jakarta, Sabtu, 20 Juli 2019.

    Politikus PPP ini juga mengingatkan kepada seluruh pihak agar tidak menaruh curiga terhadap Pansel. Apalagi menuding adanya konflik kepentingan karena calon berlatar belakang Polri atau kejaksaan.

    "Masa hanya gara-gara ada calon dari polisi atau kejaksaan terus dicurigai ada konflik kepentingan," kata dia.

    Asrul mengingatkan jika seleksi capim jilid IV juga pernah diisi oleh calon dari Polri dan kejaksaan. Sehingga, kata dia, tidak adil jika keberadaan polisi dan jaksa di seleksi capim jilid V dipersoalkan.

    "Dari dulu kan proses seleksi di pansel juga menyeleksi calon yang juga ada dari polisi dan jaksa, terus apa yang dulu-dulu syarat dengan konflik kepentingan. Apa baru dianggap enggak konflik kalau calon-calonnya enggak ada yang dari polisi atau jaksa," ujar dia.

    Dia meminta kecurigaan tentang adanya konflik kepentingan di seleksi capim KPK jilid V diakhiri. Asrul mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawal kinerja Pansel dengan menelusuri rekam jejak para capim.

    Di sisi lain, politikus PPP ini berharap proses uji kepatutan dan kelayakan capim jilid V dilakukan oleh Komisi III periode sekarang. "Harapannya proses uji kepatutan dan kelayakannya di Komisi III bisa diselesaikan pada DPR periode ini," pungkas Asrul.



    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id