Enam Elemen Sukseskan Pilkada 2020

    M Sholahadhin Azhar - 24 Januari 2020 02:42 WIB
    Enam Elemen Sukseskan Pilkada 2020
    Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto: Medcom.id/ M Sholahadhin Azhar.
    Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memaparkan enam elemen yang dapat menyukseskan Pilkada 2020. 

    Pertama penyelenggara pemilu yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus bisa membuat program perencanaan dan eksekusi yang apik. Selain itu juga harus netral.

    “Kita harapkan penyelenggara terutama bahwa KPU, Bawaslu, DKPP netral nonpartisan, dan mampu membuat program perencanaan dan eksekusi dengan baik,” ungkap Tito, di kantor KPU, Kamis, 23 Januari 2020.

    Elemen kedua sebut Tito yakni pemerintah. Pemerintah menurut dia harus mendukung penuh pelaksanaan Pilkada.

    “Elemen pemerintah, spesifik Kemendagri, disamping teman-teman yang lain, kemeterian dan lembaga sesuai tupoksinya mendukung apa yang harus diselesaikan pemerintah harus dapat terlaksana,” jelasnya.ujar Tito.
     
    Eks Kapolri ini menyebut elemen ketiga yang tidak kalah penting adalah peserta pilkada. Ia berharap peserta pilkada nantinya bisa bersaing secara sportif.

    “Baik parpol, maupun calon dalam konteks pilkada adalah calon kepala daerah. Artinya para peserta yang berkompetisi ini mengedepankan prinsip berkompetisi secara sehat, sesuai aturan, siap menang siap juga kalah. Meski dalam praktik tidak ada yang  katakan siap kalah,” terangnya.

    Elemen keempat yakni keberadaan aparat keamanan yang juga dianggap penting. Ia bilang aparat keamanan harus memetakan wilayah rawan pada pilkada nanti. Selain itu juga harus bersikap netral.

    “Aparat kemananan yang selain harus netral, juga mampu melakukan perencanaan, mengidentifikasi kerawanan, dan menjaganya, sampai pascapemilu yang mungkin cukup panjang. Ini aparat keamanan termausk TNI, Polri, dan komunitas intelijen,” ujar pria kelahiran Palembang ini.

    Elemen kelima yakni partisipasi media. Ia berharap media tidak sekadar bersaing untuk mendapatkan berita eklusif, tapi juga memberitakan secara objektif dan memberikan pemberitaan yang mendinginkan.

    “Peran media sangat penting, tidak hanya sekadar mendapatkan exclusive news dalam industri media yang kompetitif. Kita harapkan media juga mampu menahan diri dalam memebrikan pemberitaan, mendinginkan suasana. Harga yang dibayar terlalu mahal jika terjadi konflik, dibandingkan berita eksklusif,” ungkap Tito.

    Elemen terakhir adalah peran masyarakat. Menurut Tito jika partisipasi masyarakat, maka kredibilitas  dari Pilkada tersebut terjamin. Tito juga menyebut enam elemen ini merupakan satu kesatuan, tidak bisa bekerja sendiri-sendiri.

    “Partisipasi masyarakat yang  tinggi akan memberikan kredibilitas yang tinggi pula kepada kepala daerah yang menang dalam kontes pemilihan ini. Partisipasi rendah akan menimbulkan problem karena kredibilitasnya menjadi rendah,” jelas dia.



    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id