KPU Diminta Jaga Kredibilitas

    Anggi Tondi Martaon - 19 Maret 2020 17:11 WIB
    KPU Diminta Jaga Kredibilitas
    Ilustrasi Gedung Komisi Pemilihan Umum. Medcom/Faisal Abdalla
    Jakarta: Pemecatan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Evia Novida Ginting Manik dinilai sebagai peringatan bagi Lembaga Penyelenggara Pemilu. KPU harus lebih hati-hati dan menjaga kredibilitas.

    "Adanya putusan tersebut (pemecatan Evi oleh DKPP) menjadi pelajaran yang penting untuk senantiasa menjaga kredibilitas lembaga, dengan senantiasa bertindak lebih hati-hati lagi," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Saan Mustopa saat dihubungi, Kamis, 19 September 2020.

    Saan belum mau berkomentar banyak soal putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang memecat Evi, dan menegur keras komisioner KPU lainnya. Sekretaris Fraksi Partai NasDem di DPR itu ingin terlebih dahulu mendengar penjelasan dari KPU dan DKPP.

    "Dan juga akan melakukan pendalaman terhadap kasusnya," ujar dia.

    Baca: DKPP Memberhentikan Komisioner KPU Evi Novida Ginting

    Wakil Ketua Komisi II DPR Arwani Thomafi meminta KPU berbenah. Kredibilitas KPU sangat dibutuhkan dalam melaksanakan Pilkada Serentak 2020.

    "Berikan jaminan kepada peserta pilkada bahwa pelaksanaan pilkada mendatang diselenggarakan dengan dasar integritas yang dapat dipertanggungjawabkan, baik secara hukum maupun moral," kata Arwani.

    Politikus PPP itu meminta Presiden Joko Widodo segera melakukan pengganti antar waktu (PAW) terhadap Evi. Sehingga pemecatan Evi tidak mengganggu persiapan pilkada yang berlangsung pada September 2020.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id